KABUPATEN TANAH DATAR DAN KOTA PAYAKUMBUH RAIH PENGHARGAAN PEMBANGUNAN DAERAH (PPD) TAHUN 2019 TINGKAT PROVINSI SUMATERA BARAT PADA ACARA MUSRENBANG RKPD PROVINSI SUMATERA BARAT TAHUN 2020

670 kali dilihat
Post Title

Padang – Kabupaten Tanah Datar  dan Kota Payakumbuh meraih penghargaan pembangunan  daerah (PPD) Tahun 2019 pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2020 dengan Tema “ Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia, Investasi dan Pemerataan Infrastruktur untuk Pertumbuhan Berkualitas”, di Hotel Pangeran Beach Padang, Selasa (9/4/2019).

Dalam sambutan Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan selamat kepada kabupaten dan kota terbaik penerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2019 tingkat Provinsi Sumatera Barat. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Gubernur. PPD 2019 ini mendorong setiap daerah Kabupaten dan Kota untuk menyiapkan dokumen RKPD secara baik, konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat dilaksanakan untuk pembangunan daerah.

Tujuan diadakannya penghargaan ini agar masing-masing daerah baik Provinsi maupun kabupaten/kota untuk dapat menyusun Dokumen Perencanaan tahunan (RKPD) yang lebih baik dan berkualitas.

Objek dan ruang lingkup penilaian meliputi dokumen RKPD, proses penyusunan RKPD, pencapaian pelaksanaan dokumen RKPD, inovasi yang dikembangkan dan penilaian khusus terkait pelaksanaan pembangunan di daerah.

Setelah melalui beberapa penilaian, verifikasi dan wawancara oleh tim penilai, Kabupaten/kota yang mendapat PPD ini terbagi menjadi 2 (dua) kategori untuk “Kota” dan “Kabupaten”.

Kategori “Kota” dengan Perencanaan dan Pencapaian Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat:

  1. Kota Payakumbuh
  2. Kota Solok
  3. Kota Padang

Kategori “Kabupaten” dengan Perencanaan dan Pencapaian Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat:

  1. Kabupaten Tanah Datar
  2. Kabupaten Agam
  3. Kabupaten Padang Pariaman
  4. Kabupaten Pesisir Selatan
  5. Kabupaten Dharmasraya
  6. Kabupaten Solok Selatan

Terbaik satu kabupaten dan  kota diikutkan untuk penilaian tingkat Nasional. Ke depannya Gubernur Irwan Prayitno berharap penghargaan ini menjadi motivasi seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten dan Kota agar menjadi lebih baik lagi dalam membangun Sumatera Barat. "Mudah-mudahan semua ini menjadi sebuah media untuk memotivasi agar lebih baik lagi didalam meningkatkan kerjasama dan kinerja yang telah dicapai".