Provinsi Sumbar Menjadi Nominasi Dalam Penilaian PPD Tahap II Tahun 2019

559 kali dilihat
Post Title

Padang – Setelah melewati proses penilaian Tahap I Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2019  Provinsi Sumatera Barat termasuk 17 (tujuh belas) nominasi Provinsi yang akan dilakukan penilaian Tahap II. Pada hari Senin (11/3) Bappeda Provinsi Sumatera Barat memfasilitasi Tim Penilai Utama dan Tim Penilai Independen dari Bappenas untuk melakukan penilaian  Tahap II yaitu verifikasi dan wawancara terhadap Dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Sumatera Barat, bertempat di Ruang Rapat Lt. I Jl. Khatib Silaiman No. 1 Padang. Proses verifikasi dilakukan melalui pertemuan FGD, yang  dihadiri oleh sejumlah pemangku kepentingan di daerah.

Penilaian ini meliputi 3 (tiga) aspek yaitu aspek pencapaian, aspek kualitas dokumen RKPD dan aspek inovasi. Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) dilakukan secara berjenjang hingga tingkat Nasional.  Dengan tujuan, mendorong setiap daerah untuk menyiapkan dokumen rencana pembangunan secara lebih konsisten, komprehensif, terukur dan dapat dilaksanakan sekaligus menciptakan intensif bagi pemerintah daerah untuk mewujudkan perencanaan pembangunan yang lebih baik dan bermutu.

“Untuk tahun 2019, Saya mengucapkan selamat karena Provinsi Sumatera Barat masuk lagi dalam nominasi. Dari 17 (tujuh belas) itu akan disaring kembali untuk diambil tiga terbaik yang akan dibawa ke tingkat nasional. Rencananya, dari tiga terbaik akan dipanggil ke Jakarta untuk penilaian Tahap III dengan mempresentasikan dokumen perencanaan serta wawancara pada minggu ke 3 bulan Maret ini. Mudah-mudahan  Sumatera Barat mampu menjadi yang terbaik”, ujar Adhi Putra selaku Tim Penilai Pusat.

Kepala Bappeda Hansastri, SE,Ak,MM.CFrA  mengaku termotivasi atas masuknya Provinsi Sumatera Barat nominasi 17 besar calon penerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2019  atas rencana kerja pembangunan daerah terbaik. Menurutnya, pemerintah Provinsi Sumatera Barat terus melakukan upaya-upaya agar perencanaan pembangunan di Sumatera Barat dapat sesuai dengan kaidah dan ketentuan yang mengaturnya.

Kepala Bappeda berharap, perencanaan pembangunan di Sumatera Barat semakin baik dan mampu memberikan kontribusi terhadap peningkatan daya saing Provinsi Sumatera Barat. 

“Mudah-mudahan tahun ini Sumatera Barat menjadi yang terbaik dan selanjutnya berkesempatan mengikuti penilaian Tahap III ” pungkasnya.