Alumni ADP Jerman Napak Tilas ke Bappeda

698 kali dilihat
Post Title

Padang – Bappeda Provinsi Sumatera Barat mendapatkan kunjungan dari Tim Alumni Area Development Project (ADP) Jerman  dibawah Pimpinan DR. D. Speidel pada Sabtu, 16 Februari lalu. Rombongan ini langsung disambung hangat oleh Sekretaris Bappeda Sumbar Bapak Hefdi, SH, M.Si. Sebagian besar Tim Alumni ADP Jerman ini pernah berkantor di Bappeda Sumbar pada dekade Tahun 1980-1990an.

Rombongan Alumni ADP Jerman ini terdiri dari para expertise Jerman yang pernah terlibat pada program kerjasama dalam rangka pengembangan wilayah di Sumatera Barat, diantaranya di Pasaman Barat, pengembangan peternakan di Padang Mangateh dan proyek lahan kritis di sekitar Danau Singkarak. Proyek Kerjasama antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Republik Federal Jerman di Sumatera Barat sendiri telah dimulai sejak tahun 1968.

Tujuan proyek ADP Jerman di Pasaman Barat ini dalam rangka pengembangan wilayah di Pasaman Barat untuk peningkatan ekonomi melalui usaha perkebunan, peternakan dan usaha ekonomi produktif lainnya. Program dilaksanakan dengan Sistem Perencanaan Wilayah Terpadu bukan Sektoral sehingga banyak sektor yang sudah dikembangkan di Pasaman Barat. Keterpaduan Pengembangan Wilayah di Pasaman Barat telah dimulai semenjak tahap perencanaan.

“Kami senang sekali bisa kembali datang ke Sumatera Barat khususnya mengunjungi Bappeda Sumbar ini, tempat dimana kami dulu berkantor” ungkap DR. D. Speidel. Pada masa proyek berlangsung berbagai kegiatan lintas sektor dilaksanakan di Pasaman Barat, seperti Pembangunan jalan dan jembatan, air bersih, produksi dan proteksi tanaman pangan, pembangunan irigasi dan pembinaan petani, peningkatan peranan perempuan, pengembangan industry kecil dan koperasi serta kredit perdesaan, juga termasuk pengembangan perikanan dan peternakan.

Di kesempatan yang sama, penyambutan oleh Bappeda Sumatera Barat yang diterima oleh  Bapak Hefdi, SH, M.Si selaku Sekretaris Bappeda, sekaligus juga salah satu personil Bappeda yang pernah bertemu langsung dengan sebagian besar Tim Alumni ADP Jerman semasa berkantor di Gedung Bappeda.  “Kunjungan ini sesuatu yang baik. Dan kedatangan rombongan ini diharapkan dapat memberikan kesan positif bahwa program kerja sama Jerman – Indonesia puluhan tahun lalu sudah memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya di Pasaman Barat” ujar Bapak Hefdi.

Selanjutnya, rangkaian kunjungan Tim Alumni ADP Jerman ini akan dilanjutkan pada hari Kamis, 21 Februari 2019, dimana mereka akan dijamu oleh Gubernur Sumatera Barat Bapak Prof Irwan Prayitno, MSc, Phd dalam acara Ramah Tamah Alumni ADP Jerman.  Pada pertemuan ini akan dibahas perkembangan hasil program kerjasama ADP Jerman di Pasaman Barat , dan juga akan dipaparkan potensi dan peluang kerjasama dari Sumatra Barat saat ini dan diharapkan bisa membuka peluang untuk pembangunan di Sumatera Barat di masa yang akan datang.