Forum Satu Data Indonesia

1,604 kali dilihat
Post Title

Sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia dan Peraturan Gubernur Sumatera Barat Nomor 4 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Satu Data Indonesia Tingkat Provinsi, Bappeda Provinsi Sumatera Barat selaku Koordinator Satu Data Indonesia Tingkat Daerah melaksanakan Forum Satu Data Indonesia yang diadakan pada tanggal 19 September 2023 di Convention Hall The Balcone Hotel & Resort Bukittinggi dengan narasumber Bapak DR. Alex Oxtavianus, M.Si selaku Direktur Evaluasi dan Pengendalian Penyusunan Perencanaan Pembangunan Kementerian PPN/Bappenas RI, Drs. Mulyadi,MM Kepala Bidang Statistik Dinas Kominfotik Provinsi Sumatera Barat serta Iman Teguh Raharto,S.Si.M.Si Fungsional Ahli Madya Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat.

Forum Satu Data tingkat Provinsi Sumatera Barat dihadiri oleh seluruh Perangkat Daerah Provinsi Sumatera Barat selaku Produsen Data dan Penyelenggara Satu Data Kabupaten/Kota di Sumatera Barat antara lain Bappeda, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik serta Badan Pusat Statistik. Adapun tujuan dilaksanakannya Forum Satu Data Indonesia yakni membahas penetapan daftar data, data prioritas tingkat pusat/provinsi, Rencana Aksi Satu Data Indonesia, penyelenggara SDI di Provinsi dan Kabupaten/Kota serta peran pembina data dalam penyelenggaraan Satu Data Indonesia di Daerah serta permasalahan lain yang terkait data. 

Acara diawali dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Sekretaris Bappeda Provinsi Sumatera Barat Ibu Winny Sayori,ST.MMP Mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Barat, kemudian dilanjutkan dengan paparan narasumber dengan materi antara lain "Rekomendasi Penyelenggaraan Satu Data Indonesia" di Daerah oleh Dr. Alex Oxtavianus , M.Si., materi "Penyelenggaraan Satu Data Indonesia Tingkat Provinsi Dan Kabupaten/Kota Serta Sinergi Dengan SDI Provinsi" oleh Bapak Drs. Mulyadi, MM., materi "Peran Pembina Data Dalam Penyelenggaraan Satu Data Indonesia Di Daerah oleh Bapak Iman Teguh Raharto, SSi, MSi, dan materi "Penetapan Daftar Data Dan Data Prioritas" oleh Sekretariat Forum Satu Data Indonesia.