Pengukuhan Kepengurusan Perkumpulan Perencana Pembangunan Indonesia (PPPI) Komisariat Wilayah Sumatera barat Periode 2022-2024

681 kali dilihat
Post Title

Pada Selasa, 11 Juli 2023, telah berlangsung Pengukuhan Kepengurusan Perkumpulan Perencana Pembangunan Indonesia (PPPI) Komisariat Wilayah Sumatera barat Periode 2022-2024, sekaligus Seminar Peningkatan Kapasitas Aparatur Perencana Daerah Tahun 2023, yang bertemakan "Adaptasi Kerja Perencanaan dari Administratif Ke Substantif Pasca Implementasi Permenpan RB No. 1 Tahun 2023", bertempat di Ballroom Thamrin Nurdin, Bappeda Provinsi Sumatera Barat.

Pengurus PPPI Komsat Sumbar dikukuhkan oleh Bapak Wakil Gubernur Sumatera Barat, dan dilanjutkan pembacaan ikrar pengurus dipimpin oleh Sekjen Pengurus Nasional PPPI Bapak Randy Wrihatnolo. Kepengurusan PPPI Komsat Sumbar Periode 2022-2024 dipimpin oleh Ketua Ria Oktorina (Perencana Ahli Madya Bappeda Provinsi Sumatera barat), dan struktur organisasi kepengurusan terdiri dari para perencana dari lintas instansi Provinsi, Kabupaten/Kota dan Instansi Vertikal se Sumatera Barat.

Dengan semakin berkembangnya Jabatan Fungsional Perencana di Provinsi Sumatera Barat, maka Bappeda Provinsi Sumatera Barat menjalankan perannya sebagai instansi pembina JFP di daerah, dengan menfasilitasi dan mendukung Kepengurusan PPPI Komisariat Sumatera Barat, sesuai dengan amanah Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, kemudian diperkuat dalam Permenpan RB Nomor 1 Tahun 2023 Tentang Jabatan Fungsional (JF), maka setiap pemangku JF diwajibkan memiliki dan bergabung dalam organisasi profesi perencana.

Dalam sambutanya Bapak Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Barat, Bapak Medi Iswandi, ST, MM, menyampaikan bahwa keberadaan PPPI diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas perencana agar menjadi problem solver yang visioner serta mampu berpikir detail tidak hanya mikro namun juga makro, untuk mengevaluasi dan memonitor pelaksanaan perencanaan. PPPI juga diharapkan meningkatkan kualitas dan kompetensi anggotanya untuk meningkatkan peranannya dalam mendukung proses perencanaan pembangunan di tingkat nasional terutama di tingkat daerah.