Inovasi PeKa (Penilaian Kinerja)

1,668 kali dilihat
Post Title

Pemberian penghargaan (Reward) kepada pegawai merupakan salah satu upaya pihak manajemen dalam memberikan balas jasa atas hasil kerja pegawai, sehingga dapat mendorong pegawai lebih giat bekerja dan meningkatkan motivasi pegawai terhadap pencapaian ukuran kinerja yang telah ditetapkan. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara pada Pasal 82 yaitu PNS yang telah menunjukkan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran, kedisiplinan, dan prestasi kerja dalam melaksanakan tugasnya dapat diberikan penghargaan, sedangkan pemberian sanksi (Punishment) kepada pegawai merupakan salah satu upaya perbaikan kinerja pegawai agar pegawai lebih disiplin dan termotivasi dalam memenuhi target kinerjanya sesuai Pasal 75 yaitu Penilaian kinerja PNS bertujuan untuk menjamin objektivitaspembinaan PNS yang didasarkan sistem prestasi dan sistem karier.

Program pemberian penghargaan sangat penting bagi organisasi karena mencerminkan upaya organisasi untuk meningkatkan dan mempertahankan kualitas sumber daya pegawai yang ada. Disamping itu, penghargaan juga merupakan salah satu aspek yang berarti bagi pegawai, karena bagi individu atau pegawai besarnya penghargaan mencerminkan pengakuan atas ukuran nilai karya baik secara individual maupun tim dilingkungan kerja.

Sejalan dengan hal tersebut diatas, mulai tahun 2022, Bappeda Provinsi Sumatera Barat berinovasi memunculkan sebuah sistem penilaian kinerja pegawai berbasis aplikasi android atau dikenal dengan Aplikasi PeKa. Konsep Penilaian ini adalah penilaian 360 derajat yang berdasarkan pada 13 indikator berdasarkan core Value ASN Ber AKHLAK yang meliputi :

  • Berorientasi Pelayanan dengan indikator Tanggung Jawab dan Self Motivation
  • Akuntable dengan indikator Kejujuran
  • kompeten dengan indikator Problem Solving, Analitical Thinking dan Achievment Orientation
  • Harmonis dengan Indikator Teamwork
  • Loyal dengan indikator Disiplin dan Kepatuhan
  • Adaptif dengan indikator Inisiatif
  • Kolaboratif dengan indikator Leadership

Aplikasi PeKa ini juga terintegrasi langsung dengan Sistem Absensi Elektronik yang dimiliki Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam menilai indikator disiplin. Penilaian dilakukan setiap bulan dan hasilnya dapat dilihat secara realtime. Hasil Penilaian akan diumumkan pada minggu pertama setiap bulannya dan dinformasikan dalam bentuk foto pegawai terbaik bulan ini pada media yang telah disiapkan di Lobby Kantor Bappeda Provinsi Sumatera Barat.

 

Problem Solving, Analitical Thinking, Achievement Orientation