Jabatan Fungsional Perencana

Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas sesuai dengan Jabatan Fungsional masing-masing berdasarkan peraturan perundang-undangan. Salah satu Jabatan Fungsional yang ada di Bappeda Provinsi Sumatera Barat yaitu Jabatan Fungsional Perencana (JFP). JFP merupaka jabatan yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab, dan wewenang, untuk melaksanakan kegiatan perencanaan pembangunan di Instansi masing-masing. Tugas JFP adalah menyiapkan, mengkaji, merumuskan kebijakan, dan menyusun rencana pembangunan pada instansi pemerintah secara teratur dan sistematis, termasuk mengendalikan, memantau, dan mengevaluasi pelaksanaan rencana pembangunan, dengan uraian tugas sebagai berikut :

  1. Kegiatan Perencanaan secara menyeluruh meliputi identifikasi masalah/isu strategis, penyusunan kebijakan rencana pembangunan, adopsi dan legitimasi rencana pembangunan, pelaksanaan rencana pembangunan, dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan.

  2. Kegiatan Pengembangan profesi perencanaan meliputi pembuatan karya ilmiah di bidang perencanaan pembangunan, penerjemahan/penyaduran buku dan bahan-bahan lain di bidang perencanaan pembangunan, pembuatan buku pedoman/petunjuk pelaksanaan/petunjuk teknis di bidang perencanaan pembangunan, pengembangan kompetensi di bidang perencanaan pembangunan, dan kegiatan lain yang mendukung pengembangan profesi perencanaan pembangunan.

  3. Kegiatan penunjang perencanaan dalam bentuk mengajar/melatih di bidang perencanaan pembangunan, keanggotaan dalam Tim Penilai/Tim Uji Kompetensi, Perolehan penghargaan/tanda jasa, dan pelaksanaan tugas lain yang mendukung pelaksanaan tugas Perencanaan Pembangunan.

Pada tahun 2020 ini Pejabat Fungsional Perencana di Bappeda Provinsi Sumatera Barat berjumlah 4 orang dengan rincian sebagai berikut:  

Perencana Ahli Madya

  Dra. Siti Latifah, FRS, M.Si

 

Perencana Ahli Muda

  Ria Oktorina, SP, M.Sc
Hamdi Irza, ST, MT

 

Perencana Ahli Pertama

  Dela Resina, S.Farm

 

Perkembangan kegiatan terkait seputar Jabatan Fungsional Perencana dapat dilihat pada tautan ini

Hamdi Irza