Post Title

FOCUS GROUP DISCUSSION PENYELENGGARAAN KABUPATEN/KOTA SEHAT

Program Penyelenggaraan Kabupaten/ Kota Sehat merupakan suatu program dalam mewujudkan suatu kondisi kabupaten atau kota yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dapat dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Dalam rangka pelaksanaan penyelenggaraan kabupaten/kota sehat tahun 2018 Bappeda Provinsi Sumatera Barat melalui Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan melakukan Fokous Group Diskusi yang dilaksanakan di Grand Rocky Bukittinggi tanggal 25 s.d 27 September 2018 yang bertujuan untuk menjaring masukan, saran dan kritikan terkait dengan  permasalahan-permasalahan yang di hadapi dalam pelaksanaan penilaian kabupaten/kota sehat baik oleh pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.

Peserta FGD diikuti oleh lima Kabupaten/kota yang telah beberapa kali memperoleh peringkat wistara pada penilaian swastisaba yang terdiri dari unsur Pengurus Forum Kabupaten/Kota Sehat, Bappeda, Dinas Kesehatan dan Dinas Pekerjaan Umum atau Dinas Perumahan Permukiman.

Dalam pelaksanaan FGD di bahas terkait dengan data dukung yang diperlukan untuk memenuhi pertanyaan pada masing-masing tatanan dalam pelaksanaan penilaian kabupaten/kota sehat.

Pada kesempatan itu juga disepakati penggunaan aplikasi swastisaba untuk mempermudah pelaksanaan kabupaten/kota sehat dalam pengadministrasian dokumen dan data dukung serta mempermudah pekerjaan anggota forum dalam pelaksanaan penilaian, yang telah di persiapkan oleh Bappeda Provinsi bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika.