Post Title

Provinsi Sumatera Barat Menuju Pengelolaan Satu Data Indonesia (SDI)

Dalam rangka penyelenggaraan Satu Data Indonesia untuk pemenuhan pasal Pasal 18 Perpes No. 39/2019 tentang Satu Data Indonesia, mengenai Penyelenggara Satu Data Indonesia tingkat daerah terdiri atas penyelenggara Satu Data Indonesia tingkat provinsi dan penyelenggara Satu Data Indonesia tingkat kabupaten/kota, maka Bappeda Provinsi Sumatera Barat bekerjasama dengan BAPPENAS RI melaksanakan kegiatan rapat koordinasi tentang Penyelenggaraan Tata Kelola SDI Provinsi Sumatera Barat dan Pendampingan Implementasi Standar Data dan Metadata di Provinsi Sumatera Barat melalui Zoom Meeting, Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Barat.

Acara ini dibagi ke dalam 2 sesi yang mana sesi I membahas mengenai Penyelenggaraan Tata Kelola SDI dengan narasumber Staf Ahli Menteri PPN Bidang Pemerataan dan Kewilayahan Drs. Oktorialdi, MA. Ph.D, sementara untuk sesi kedua diadakan Dialog Pendampingan Implementasi Standar Data dan Metadata di Tingkat OPD Provinsi Sumatera Barat dengan narasumber Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengenndalian Pembangunan BAPPENAS Drs. Ir. Taufik Hanafi, MUP yang mana turut hadir narasumber dari Kementerian Keuangan, BPS, dan BIG yang memaparkan mengenai Standar Data dan Metadata.

Melalui penyelenggaraan SDI ini diharapkan pemerintah dapat mengumpulkan data dalam satu pintu yang akurat, mutakhir, terpadu, serta mudah diakses. Demi tercapainya upaya pemerintah dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas tata kelola data pemerintah, yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan dan sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan data bagi masyarakat.@ Penulis : Masril, Editor : Hamdi Irza, ST.MT

Admin