Post Title

Kabupaten Tanah Datar Terbaik I Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020 Kategori Kabupaten

Untuk Ketiga kalinya, Kabupaten Tanah Datar berhasil meraih terbaik I Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD Tahun 2020. Bertempat di Kantor Bappeda Kabupaten Tanah Datar secara simbolis Tim Bappeda Provinsi Sumatera Barat menyerahkan Plakat dan Piagam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020 dari Gubernur Sumatera Barat kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui Kepala Baperlitbang Kabupaten Tanah Datar, Bapak Alfian Jamrah dan jajarannya sebagai Pemenang Terbaik I Kategori Kabupaten Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020 sesuai dengan Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor : 020/17/II/SK/Set/Bappeda-2020 tanggal 14 Februari 2020 tentang Penetapan Kabupaten dan Kota Penerima Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020.

Penghargaan Pembangunan Daerah merupakan bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah yang berprestasi dalam menghasilkan perencanaan secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat mencapai target-target pembangunan daerah. Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020 melalui beberapa tahapan. Tahap I (penilaian dokumen RKPD dan dokumen inovasi Kab/Kota) pada tanggal 27 s/d 30 Januari 2020, dan Tahap II (penilaian presentasi dan wawancara terhadap Kab/Kota yang menjadi nominator) dilakukan pada tanggal 3 s/d 13 Februari 2020.

Merebaknya pandemi Covid-19, berdampak pada beberapa perubahan seperti pada tahap penyerahan penghargaan di Provinsi Sumatera Barat yang pada biasanya diserahkan pada saat Musrenbang Provinsi, namun karena Musrenbang Provinsi dilakukan secara virtual pada bulan April 2020 yang lalu maka hanya dilakukan pengumuman pemenang pada acara dimaksud.

Kepala Baperlitbang Kabupaten Tanah Datar menyampaikan rasa terima kasih Kepada Bapak Gubernur atas dipercaya kembali meraih Terbaik I dalam Penghargaan Pembangunan Daerah untuk yang ke tiga kalinya dan juga masuk nominasi 15 besar nasional. Kabupaten Tanah Datar berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan baik didalam dokumen perencanaan maupun di dalam capaian dalam program dan kegiatan sehingga dapat mempertahankan gelar Terbaik I untuk tahun-tahun berikutnya.

Posisi kedua untuk kategori Kabupaten diraih oleh Kabupaten Agam. Penyerahan plakat dan penghargaan dilakukan pada tanggal 9 Oktober 2020 yang lalu oleh Tim Provinsi dan diterima oleh Sekretaris Bappeda Kabupaten Agam Bpk. Villa Erdi, S.Sos, M.Si yang di dampingi oleh Kabid Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah dan beberapa pejabat struktural dilingkungan Bappeda Kabupaten Agam. Kabupaten Agam masih bertahan menempati urutan yang sama pada tahun 2020 ini sebagai terbaik II kategori Kabupaten dalam PPD Tingkat Provinsi Sumatera Barat seperti tahun 2019 lalu. Sekretaris Bappeda Kabupaten Agam menyampaikan rasa terima kasih dan berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan baik didalam dokumen perencanaan maupun di dalam capaian dalam program dan kegiatan dan juga bertekat untuk lebih lagi agar bisa menjadi Terbaik I pada Tahun 2021 nanti.

Sementara itu untuk peringkat ketiga direbut oleh Kabupaten Kepulauan Mentawai. Pada tanggal 5 Oktober 2020 lalu, bertempat di Aula Kantor Bappeda Kabupaen Kepulauan Mentawai diserahkan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Provinsi Sumatera Barat. Secara simbolis Plakat dan Piagam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020 dari Gubernur Sumatera Barat diterima oleh Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet beserta jajaran dan Forkopimda Kabupaten Kepulauan Mentawai di akhir Diskusi Publik Terkait Dua Dekade Otonomi Daerah Kepulauan Mentawai dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Kepulauan Mentawai ke 21.

Bapak Bupati menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan Gubernur kepada daerahnya dan berharap dapat menjadi motivasi terhadap Kabupaten Kepulauan Menatawai untuk dapat lebih meningkatkan kualitas dokumen perencanaan dan mencapai tingkat yang lebih baik pada penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah tahun berikutnya.

Selanjutnya secara berturut-turut penghargaan untuk kategori kabupaten untuk harapan I, II, dan III diperoleh oleh Kabupaten Solok, Kabupaten Pasaman, dan Kabupaten Lima Puluh Kota. @ Penulis : Nurhayati, SH. Editor : Hamdi Irza,ST.MT

Admin