Post Title

Kota Padang Terbaik I Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020 Kategori Kota

Padang, 2 Oktober 2020, bertempat di Kantor Bappeda Kota Padang telah diserahkan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Provinsi Sumatera Barat, dimana Kota Padang berhasil meraih Terbaik I Kategori Kota sesuai dengan Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor : 020/17/II/SK/Set/Bappeda-2020 tanggal 14 Februari 2020 tentang Penetapan Kabupaten dan Kota Penerima Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020.

Penghargaan Pembangunan Daerah merupakan bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah yang berprestasi dalam menghasilkan perencanaan secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat mencapai target-target pembangunan daerah.

Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020 melalui beberapa tahapan. Tahap I (penilaian dokumen RKPD dan dokumen inovasi Kab/Kota) pada tanggal 27 s/d 30 Januari 2020, dan Tahap II (penilaian presentasi dan wawancara terhadap Kab/Kota yang menjadi nominator) dilakukan pada tanggal 3 s/d 13 Februari 2020.

Merebaknya pandemi Covid-19, berdampak pada beberapa perubahan seperti pada tahap penyerahan penghargaan di Provinsi Sumatera Barat yang pada biasanya diserahkan pada saat Musrenbang Provinsi, namun karena Musrenbang Provinsi dilakukan secara virtual pada bulan April 2020 yang lalu maka hanya dilakukan pengumuman pemenang pada acara dimaksud. Penyerahan Plakat dan Penghargaan ini baru bisa dilaksanakan pada bulan Oktober ini oleh Tim Bappeda Provinsi Sumbar, yang diserahkan oleh Sekretaris Bappeda Provinsi Sumatera Barat, Ibu Kuartini Deti Putri dan diterima oleh Kepala Bappeda Kota Padang, Bapak Medi Iswandi yang di dampingi oleh Kabid Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bappeda Kota Padang Ibu Rita Engleni, SH, M.Si.

Kota Padang sebagai Pemenang Terbaik I Katergori Kota mewakili Provinsi Sumatera Barat ke Tingkat Nasional dan berhasil menjadi Kota Terbaik III Pada PPD Nasional Tahun 2020. Kepala Bappeda Kota Padang menyampaikan rasa terimakasih dan berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan baik didalam dokumen perencanaan maupun di dalam capaian dalam program dan kegiatan.

Sementara itu peringkat terbaik kedua diraih oleh Kota Payakumbuh. Penyerahan plakat penghargaan dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2020 yang diterima oleh Kasubbag Penyusunan Program Kota Payakumbuh, ibu Yeni Maini dan jajarannya. Bappeda Kota Payakumbuh menyampaikan rasa terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan. Keberhasilan ini adalah buah dari kerja keras seluruh jajaran Aparat Sipil Negara (ASN) di daerahnya. Hal itu juga didorong oleh tingkat partisipasi yang tinggi dari masyarakat dalam menyusun rencana pembangunan Kota Payakumbuh  dan berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan baik didalam dokumen perencanaan maupun di dalam capaian dalam program dan kegiatan.

Pemenang ketiga pada kategori Kota ini diperoleh oleh Kota Padang Panjang. Plakat penghargaan diserahan pada tanggal 8 Oktober 2020 oleh Sekretaris Bappeda Provinsi Sumatera Barat, Ir. Kuartini Deti Putri, M.Si kepada Kepala Bappeda Kota Padang Panjang, Rusdianto, S.IP, MM. @ Penulis : Nurhayati, SH. Editor : Hamdi Irza, ST.MT

Admin