Post Title

Hasil Verifikasi B03 Randa PUG Kabupaten/Kota Se Sumatera Barat Tahun 2020

Pelaksanaan pelaporan Rencana Aksi Daerah Pengarusutamaan Gender (RANDA-PUG) oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat telah selesai dilaporkan tanggal 28 Maret s.d 5 April 2020. Hal ini kemudian ditindaklanjuti dengan verifikasi oleh Tim Verifikasi Provinsi pada tanggal 8 s.d 14 April 2020 terhadap 7 rencana aksi yang tersebar kedalam 16 indikator kinerja/ukuran keberhasilan.

Dari 19 Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat yang telah melaporkan pelaksanaan RANDA-PUG Tahun 2020, untuk checkpoint B03 terdapat beberapa Kabupaten/Kota yang memperoleh nilai bagus yakni berhasil mencapai nilai sempurna (100) untuk setiap ukuran keberhasilan, namun masih ada juga kabupaten/kota yang mendapatkan nilai merah.

Berikut uraian perkembangan hasil pelaksanaan pelaporan checkpoint B03 Tahun 2020 :

  1. Terdapat sebanyak 7 daerah yang memperoleh nilai cukup memuaskan hingga sempurna yakni dengan nilai yang di peroleh mulai dari 75 – 100 untuk seluruh aksi dan ukuran keberhasilan yakni Kota Padang, Kota Sawahlunto dan Kota Padang Panjang dengan nilai 100 bahkan ada juga yang memperoleh nilai 120. Sedangkan untuk daerah yang memperoleh nilai 75 – 100 yakni Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Pasaman Barat, Kota Solok dan Kota Bukittinggi.
  2. Sedangkan untuk 12 Kabupaten/Kota lainnya memperoleh nilai 20 – 100 berarti masih ada beberapa kabupaten/kota pelaporan aksinya berwarna merah.

Pelaporan checkpoint B03 tahun 2020 yang dilakukan oleh seluruh kabupaten/kota ini menunjukkan adanya komitmen dari seluruh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan RANDA-PUG Tahun 2020. Selain itu hal ini juga memperlihatkan adanya peningkatan kepedulian seluruh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota terhadap pengarusutamaan gender pada tingkat kabupaten/kota di Sumatera Barat.

Rekap hasil pelaksanaan verifikasi terhadap pelaporan RANDA PUG Kab/Kota checkpoint B03 dapat dilihat pada tautan ini.

Penulis : Zendra Zaimar, S.Sos

Editor : Hamdi Irza, ST, MT