RAPAT KOORDINASI PEMBAHASAN PELAKSANAAN RANDA PUG KAB/KOTA TAHUN 2018

Hendra Zaimar 2017-12-29 17:27:11 berita 14

Dalam rangka menindaklanjuti amanat dari Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 67 tahun 2011 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2008 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Daerah, serta Surat Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor : 050/1110/ XI/ Sosbud-Pem/Bappeda-2017 tanggal 20 November 2017 perihal Penganggaran Pelaksanaan Aksi RANDA PUG pada APBD Kabupaten/ Kota Tahun 2018, dilaksanakan Rapat koordinasi rencana pelaksanaan Rencan Aksi Daerah (RANDA) Pengarusutamaan Gender Kabupaten/Kota se Sumatera Barat yang bertempat di Ruang Rapat Lantai II Bappeda Provinsi Sumatera Barat, yang dipimpin oleh Kasubid SDM Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan Bapak Yudha Prima, S.STP, M.Si.

Peserta rapat teknis terdiri dari tim penggerak PPRG Kabupaten/Kota yang terdiri dari Bappeda, OPD yang menangani pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak pada kab/kota, inspektorat dan badan keuangan daerah kab/kota se Sumatera Barat, sedangkan untuk tingkat Provinsi dihadiri oleh tim PPRG Provinsi yang terdiri dari Bappeda, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan Inspektorat Provinsi.

Pada rapat tersebut disepakati bahwa seluruh pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat harus siap melaksanakan aksi yang tertuamh dalam rencana aksi pengarusutamaan gender dengan dukungan dana dari APBD masing-masing kabupaten/kota.

Dalam rapat disepakati beberapa hal yang menjadi pedoman unuk pelaksanaan rencana aksi daerah pengarusutamaan gender di Kabupaten/Kota yang tandatangani oleh tim PPRG Provinsi dan Tim PPRG Pemerintah Kab/Kota.

Selain itu juga disepakati OPD penanggungjawab masing-masing aksi pada masing-masing  daerah kabupaten/kota sehingga diharapkan pelaksanaan aksi RANDA PUG di kabupaten/kota untuk tahun 2018 berjalan sesuai yang di amanat oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 67, serta kabupaten/kota yang mendapatkan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) yang dilaksanakan sekali dalam 2 tahun dan terakhir dilaksanakan pada tahun 2016 dengan pemerintah daerah yang berhasil meraih adalah Kabupaten Agam kategori Pratama, Kota Payakumbuh dan Kota Bukittinggi berhasil meraih kategori Utama sedangkan untuk Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sendiri masih meraih kategori Madya sejak tahun 2014.