Sumatera Barat Menjadi Narasumber di Rakernas LPSE Provinsi se-Indonesia

Defrizal 2017-09-05 10:38:23 berita 27

LPSE Provinsi Sumatera Barat diminta menjadi salah satu nara sumber di acara rapat kerja nasional LPSE Provinsi se-Indonesia. Pada tanggal 22 s/d 24 Agustus 2017 lalu LKPP menyelenggarakan rapat koordinasi nasional LPSE Provinsi di Bangka Belitung. Dimintanya LPSE Prov Sumatera Barat dalam rakornas tersebut karena Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP) Republik Indonesia menilai LPSE Sumatera Barat sukses dalam pemakaian aplikasi SPSE V.4 dan dinilai berhasil melakukan pendampingan kepada LPSE Kab/Kota dalam penerapan 17 standarisasi LPSE. Melalui rakor ini UPTB Balai LPSE Sumbatera Barat berbagi pengalaman, trik dan langkah-langkah yang dilakukan sehingga keberhasilan itu dapat dicapai.

Rakornas ini bertujuan untuk : 1) Menyamakan presepsi serta menyelaraskan visi, misi dan strategi untuk meningkatkan peran LPSE dalam rangka mewujudkan e-Marketplace pengadaan barang dan jasa; 2) Merumuskan strategi untuk meningkatkan proses pengadaan barang/jasa yang dilakukan melalui SPSE V 4 serta mempercepat penerapanya diseluruh LPSE; 3) Merumuskan strategi untuk mempercepat penerapatan 17 standar LPSE di seluruh LPSE se-Indonesia.

Rakornas ini dihadiri oleh 200 orang peserta yang terdiri dari seluruh LPSE Tingkat Provinsi dan LPSE yang telah menerapkan 17 standar LPSE dan SPSE V.4. Dalam rakornas ini dihasilkan beberapa butir kesepakatan, yakni : 1) Kelembagaan LPSE disesuaikan dengan kondisi masing-masing daerah; 2) Memastikan peran LPSE Provinsi dalam pembinaan LPSE Kab/Kota; 3) Menyelesaikan revisi Peraturan Kepala LKPP No. 2 Tahun 2010 dalam memperjelas fungsi LPSE; 4) Meningkatkan kerjasama LKPP, KPK dan LPSE dalam pencegahan korupsi; 5) Pembuatan sertifikasi/standarisasi untuk pengelola LPSE; 6) Mendorong percepatan jabatan fungsional manggala informatika dan 7) Mendorong LPSE untuk berperan aktif dalam pemakaian aplikasi SPSE V.4