Rapat Koordinasi Admin dan Helpdesk LPSE Provinsi Sumatera Barat

Defrizal 2017-09-05 11:03:34 berita 29

(Mentawai 28 agustus 2017). Dalam rangka pembinaan dan pengendalian serta evaluasi pelaksanaan e-procurement pada LPSE, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat ( LPSE ) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Admin dan Helpdesk Se LPSE yang berada di Provinsi Sumatera Barat.Pelaksanaan Rakor ini difasilitasi oleh LPSE Kabupaten Kepulauan Mentawai.

kegiatan ini dibuka langsung oleh wakil Bupati Kepulauan Mentawai  beliau mengapresiasi kegiatan ini untuk kentransparanan pengadaan dilingkungan pemerintah kabupaten/kota. Narasumber dalam kegiatan ini berasal dari Bagian ITO Operation Eproc lembaga Kebijakan Pengadaan Barng dan Jasa Pemerintah atau LKPP Jakarta.

Acara Rakor dan Bimtek ini dilaksanakan selama 2 (dua ) hari dari tanggal 28 – 29 agustus 2017 Bertempat di Kantor Bupati Kepulauwan Mentawai  , Kegiatan ini diikuti oleh kurang Lebih 45 orang personil LPSE Se Kabupaten/Kota, LPSE Universitas dan LPSE Kepolisian Sumatera Barat yang

Dalam kegiatan tersebut dibahas berbagai hal yang bersentuhan langsung dengan LPSE, bahkan banyak permasalahan dan masukan yang diungkapkan pada kesempatan tersebut.

Komponen terpenting dalam LPSE adalah server aplikasi dan database yang terisi data file upload serta data Database LPSE, kedua komponen ini yang harus di backup.

 

Hardware Requirement dari server aplikasi SPSE yang di rekomendasikan oleh TIM ITO LKPP adalah :

Processor > 2 Ghz
Memori 32 GB
HDD minimal 300 Gb x 2 ( Raid 1)

 

Penanganan Permasalahan yang bisa dilakukan oleh LPSE Daerah terhadap permasalahan aplikasi SPSE dalam rangka mendukung proses percepatan penanganan permasalahan adalah penanganan diluar permasalahan bug dari aplikasi dan database.

                            

Ex : kapasitas infrastruktur

Pengecekan Memori
Pengecekan Kapasitas Hardsik
CPU Load
Pengecekan service apache
Service postgresql
Service SPSE
Pengecekan Log Apache
Pengecekan log aplikasi
Pengecekan log Database
Cek Port Aplikasi yang Running
dll