RAPAT TEKNIS PERSIAPAN PENGGUNAAN SISEM PEMANTAUAN RAD PENGARUSUTAMAAN GENDER (RANDA PUG)

Hendra Zaimar 2017-08-21 08:29:08 berita 49

Dalam rangka menindaklanjuti amanat dari Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 67 tahun 2011 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2008 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Daerah, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat berencana akan menggunakan system pemantauan online Kantor Staf Kepresidenan untuk pelaksanaan pemantauan rencana aksi daerah pengarusutamaan gender (RANDA PUG) Kabupaten/Kota dan Provinsi Tahun 2018.

Untuk itu Bappeda Provinsi Sumatera Barat selaku ketua Pokja PUG di Sumatera Barat mengadakan Rapat Teknis dengan Kantor Staf Kepresidenan yang di hadiri oleh Bapak Agus Widodo selaku Kepala Sekretariat Kantor Staf Kepresidenan yang didampingin oleh Bapak Yan Adikusuma Kabag. PIK, Rayi Indrarinardi Kasubbag PDI dan Trivam selaku Analisa data dan Informasi, sementara itu dari Provinsi Sumatera Barat selain Bappeda sebagai Ketua Pokja PUG, juga di hadiri oleh anggota Pokja PUG lainnya yakni Misral dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Rahmat Gando dari Inspektorat Provinsi Sumatera Barat.

Dalam pertemuan tersebut pihak Kantor Staf Kepresidenan menyetujui Tim Pokja PUG Provinsi Sumatera Barat menggunakan system pemantauan online Kantor Staf Kepresidenan sebagai sarana bagi tim pokja PUG Sumatera barat untuk memantau pelaksanaan rencana aksi daerah PUG di Sumatera Barat dengan membuat semacam MoU antara Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan Kantor Staf Kepresidenan.

Sistem pemantauan kantor staf kepresidenan ini mulai dibangun pada Tahun 2010 yang berfungsi sebagai alat yang efektif dan efisien untuk memantau program kerja instansi berdasarkan format 8 kolom atau matrix pemantauan, hingga tahun 2017 sudah lebih dari 90 monitor yang sudah dibuat dan telah dimanfaatkan oleh stakeholder pusat, daerah hingga perwakilan luar negeri.

Beberapa kebutuhan persiapan pemanfaatan sistem pemantauan KSP adalah tahapan penyusunan dan penajaman, tahap penginputan dan tahap pelaporan dan verifikasi, dimana tahapan penginputan oleh Kabupaten/kota diberi waktu selama lima hari kerja dan waktu verifikasi untuk Bappeda Provinsi juga diberikan waktu selama 5 hari kerja.

Langkah-langkah penyusunan, penginputan, pelaporan dan verifikasi RANDA PUG yang dilakukan melalui system kantor staf kepresidenan meliputi penyusunan dan penajaman RANDA PUG (Bappeda), Penginputan Rencana Aksi ke dalam system pemantauan KSP (Bappeda), Pelaporan hasil capaian RANDA PUG Triwulan melalui system pemantauan (Pemkab/Kota), Verifikasi capaian hasil pelaporan RANDA PUG (Bappeda) dan Laporan hasil evaluasi pelaksanaan RANDA PUG (Bappeda).@ Penulis Berita : Hendra Zaimar