Inovasi LPSE : “Registrasi Online Pelatihan SPSE”

Darmalis 2017-07-29 15:51:06 kegiatan 76

Awal tahun 2017 UPTB Balai LPSE meluncurkan inovasi baru yang ditujukan bagi calon pengguna sistem pengadaan secara elektronik (SPSE). Pelaku usaha atau vendor yang bergerak dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah dapat mendaftarkan diri secara online untuk mengikuti pelatihan dan bimbingan teknis aplikasi SPSE. Mereka yang berminat cukup melakukan registrasi online pada website www.training.lpse.sumbarprov.go.id

Kenapa registrasi online ini dikategorikan sebagai inovasi?. Karena sejak lama pelatihan aplikasi bagi penyedia/pelaku usaha ini minim peminat. Dari puluhan undangan yang disebar ke asosiasi yang datang pada hari ‘H’ tak lebih dari hitungan jari tangan saja. Saat ini pelatihan aplikasi bagi penyedia banjir peminat. Pelaku usaha yang mengikuti pelatihan bukan saja yang berkantor di Kota Padang dan sekitarnya, bahkan ada yang datang dari berbagai pelosok Sumatera Barat. Dari bulan Februari sampai berita ini diterbitkan sudah lebih dari seratus vendor yang mengikuti pelatihan aplikasi di UPTB Balai LPSE. Secara berkala pelatihan aplikasi bagi vendor dilakukan dua kali dalam sebulan.  

Pelatihan aplikasi ini perlu dilakukan secara kontinui, karena penyempurnaan dan pengembangan aplikasi juga dilakukan secara terus menerus oleh LKPP. Mulai dari SPSE Versi 2, dilanjutkan dengan SPSE Versi 3 dan yang terbaru SPSE Versi 4. Selain ketiga versi tersebut ada lagi sub versi yang merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya. Sekarang versi yang dipakai dalam aplikasi SPSE di Prov. Sumbar adalah SPSE versi 3.6 dan SPSE versi 4.2. Oleh karena itu pengguna SPSE wajib memperbaharui ilmunya  melalui pelatihan dan bimtek yang diselelnggarakan oleh UPTB Balai LPSE.@ Penulis : Defrizal, Editor Rismunandar.