Penandatanganan Kesepakatan Bersama Tentang Penelitian, Pengembangan Dan Penerapan Iptek

Darmalis 2016-12-02 15:08:32 berita 404

Description: D:\\06-TAHUN 2016\\DOKUMENTASI\\MoU\\MoU.pngDalam rangka meningkatkan fungsi kelitbangan didaerah, khususnya di Provinsi Sumatera Barat, pada tanggal 1 Desember 2016 dilakukan penandatanganan Nota Kesepaktan Bersama antara Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan Lima Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dan satu Balai Riset yang ada di Sumatera Barat tentang Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengatahuan dan Teknologi. Kelima Perguruan Tinggi yang telah melakukan penandatanganan kesepakatan Bersama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat adalah Universitas Negeri Padang, IAIN Imam Bonjol Padang, Universitas Bung Hatta, Politeknik Negeri Padang, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh dan Balai Riset dan Standardisasi Industri Padang.

Penandatangan Nota Kesepakatan Bersama ini dilaksanakan di Ruang Sidang Bappeda Provinsi Sumatera Barat untuk Pemerintah Provinsi Sumatera Barat langsung ditandatangani oleh Bapak Gubernur Sumatera Barat sedangkan untuk Perguruan Tinggi dan Balai Riset ditandatangani langsung oleh Rektor dan Kepala Balai yang disaksikan oleh Plt. Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Barat dan Kepala Biro Pemerintahan Setda Prov. Sumatera Barat sebagai Sekretaris Tim Koordinasi Kerjasama Daerah Provinsi Sumatera Barat.  Untuk Universitas Negeri Padang dalam hal ini diwakili oleh Pembantu Rektor II Prof. Agus Irianto dikarenakan pada saat bersamaan adanya kunjungan Ibu Negara Iriana Joko Widodo ke Universitas Negeri Padang.

Dalam sambutannya Bapak Gubernur Sumatera Barat menyampaikan bahwa untuk kemajuan suatu daerah sangatlah diperlukan penelitian dan pengembangan, dimana dengan adanya penelitian mampu merubah suatu daerah kepada kemajuan yang berlandaskan ilmu pengetahuan dan teknologi, dimana sudah banyak contoh perkembangan suatu daerah yang maju dikarenakan kegiatan penelitian dan pengembangan menjadi dasar untuk mengembangkan program dan kegiatannya.

Pada kesempatan itu Bapak Gubernur juga mengharapkan pelaksanaan penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama ini untuk selanjutnya dapat ditindaklanjuti menjadi sebuah perjanjian kerjasama (PKS) dengan unit-unit terkait yang ada di perguruan tinggi dengan OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Penulis @ Hendra Zaimar, S.Sos, Editor Akky Perdana, ST