Gubernur Sumbar dan Kepala UPTB. Balai LPSE Sumbar didaulat sebagai Narasumber pada Rakernas LPSE se Indonesia

Darmalis 2016-11-14 09:48:34 berita 194

Jakarta – Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menggelar Rapat Kerja Nasional LPSE se Indonesia Tahuni 2016 pada Kamis 3 November 2016 bertempat di Balai Kartini Jakarta dihadiri + 1400 peserta dari 644 LPSE yang tersebar di Kementerian/Lembaga/Provinsi/Kabupaten/Kota dengan mengangkat Tema “Penguatan Peran Serta LPSE dalam Pembangunan Nasional yang Berkualitas”.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada Rakernas, yaitu Diskusi Panel dengan narasumber Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brojonegoro, Menteri  Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, dari Kementerian Kominfo dan Kepala LKPP Agus Prabowo.

Menteri PPN/Bappenas mengatakan LPSE mempunyai peran sangat besar dalam mendorong pengadaan barang/jasa dilakukan secara transparan. Selain itu, LPSE memastikan anggaran negara yang terbatas dipakai secara akuntabel untuk pengadaan barang dan jasa. Menteri berhadap, LPSE terus dikembangkan ke kantor dan lembaga pemerintahan, baik pusat maupun di daerah.

Pada kesempatan tersebut, Kepala LKPP meresmikan enam aplikasi terbaru untuk mendukung pelaksanaan pengadaan secara elektronik, meliputi SPSE-ICB, aplikasi Inaproc.id, e-Reverse Auction, SPSE Versi 4, Competitive Catalogue (Comcat), Katalog Lokal dan Aplikasi               SIRUP Versi 2.

Acara dilanjutkan dengan Penyerahan ‘National Procurement Award’, dimana dari 7 kategori Award yang diserahkan, Provinsi Sumatera Barat memperoleh 2 kategori, yaitu kategori “Komitmen 100% e-Procurement dan Peran LPSE Provinsi” yang diterima langsung oleh Gubernur Sumatera Barat dan 9 Bupati Walikota di Sumatera Barat juga menerima anugerah National Procurement Award kategori “Komitmen Penerapan Standar LPSE : 2014 yaitu Walikota Padang, Walikota Solok, Walikota Sawahlunto, Walikota Payakumbuh, Walikota Padang Panjang, Bupati Tanah Datar, Bupati Lima Puluh Kota, Bupati Padang Pariaman dan Bupati Kepulauan Mentawai.

Pada sesi kedua pelaksanaan diskusi, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama Gubernur Kalimantan Utara, Kepala LPSE Provinsi Sumbar Rina Bur, M.Pd, Kepala LPSE Provinsi Jabar dan Kepala LPSE Provinsi Riau didaulat sebagai narasumber mengangkat tema Komitmen Kepala Daerah, kelembagaan LPSE dan Keamanan Invormasi serta inovasi LPSE di daerah.

Irwan Prayitno menyampaikan program serta capaiannya dalam bidang pengadaan barang/jasa di Provinsi Sumatera Barat serta dukungannya kepada penyelenggaraan LPSE di Provinsi dan seluruh Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. Sementara itu, Rina Bur juga memaparkan bentuk dukungan penuh Gubernur terhadap kelembagaan dan peran serta LPSE Provinsi serta langkah-langkah dan peran LPSE Sumbar terhadap pembentukan dan pengembangan LPSE di Kabupaten/Kota.    

Dalam sambutan penutupnya, Kepala LKPP mengharapkan kepada Kepala Daerah, bahwa LPSE yang merupakan ujung tombak pengadaan barang dan jasa pemerintah, perlu didukung oleh ekosistem yang suportif yaitu dengan menjadikan unit LPSE sebagai badan atau unit resmi yang permanen di institusi dan berharap kepala daerah dapat memberikan dukungan secara konsisten kepada personil LPSE.@Widyalpsesumbar, Editor Akky Perdana,ST