Paket Perdana e-Lelang Cepat Pemprov. Sumbar

Darmalis 2016-10-31 15:39:38 kegiatan 447

Padang – Oktober--- Dalam rangka implementasi SPSE v.4. LPSE Provinsi Sumatera Barat memfasilitasi lelang cepat perdana untuk pengadaan barang/jasa di Pemerintah LPSE Provinsi Sumatera Barat. Penggunaan e-lelang cepat ini didukung oleh aplikasi Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKaP) yang terintegrasi pada Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) Versi 4..

Paket perdana e-lelang cepat ini dilaksanakan oleh Pokja ULP Provinsi Sumatera Barat yakni paket Belanja Modal Pengadaan Electrik Generating Set pada Satker Badan Perpustakaan dan Kearsipan.

Sebelumnya LPSE telah memberikan pembekalan dan pelatihan kepada seluruh anggota Pokja ULP Provinsi pada tanggal 3 s.d 6 Oktober 2016 lalu sehingga SDM Pokja ULP siap untuk melaksanakan e-lelang cepat ini.

Kepala UPTB. Balai LPSE Bappeda Provinsi Sumatera Barat Rina Bur menjelaskan bahwa e-lelang cepat ini terdiri dari 4 (empat) tahapan yakni pengumuman, aanwijzing, pemasukan penawaran dan penetapan pemenang, sehingga e-lelang cepat ini lebih efisien terutama efisien dalam tahapan lelang dan waktu pelaksanaan lelang.

Beberapa contoh pengadaan yang dapat dilaksanakan melalui e-lelang cepat seperti pengadaan komputer/laptop, konsultan pengawas/perencana, konsultan hukum untuk pendampingan Pemda selama 1 tahun anggaran, pengadaan hotel/gedung pertemuan, jasa event organizer, pekerjaan konstruksi bangunan sekolah yang spesifikasinya sederhana/telah distandarkan atau pekerjaan-pekerjaan dengan spesifikasi yang dapat distandarkan dan tidak perlu dikompetisikan.

Rina menambahkan, paket perdana e-lelang cepat ini adalah merupakan langkah awal implementasi aplikasi SPSE v.4 sehubungan saat ini aplikasi SPSE Provinsi Sumbar telah berjalan pada SPSE V.4. Tahun 2017 diharapkan seluruh Satker di Provinsi Sumbar akan melaksanakan proses pengadaan melalui e-lelang cepat.@ Penulis Widya.lpse. Editor Akky Perdana, ST