LKPP Lakukan Monitoring Faktual Standardisasi 4 LPSE Kab/Kota di Sumbar

Darmalis 2016-10-27 12:23:54 kegiatan 334

Padang – Oktober 2016---- Dalam rangka peningkatan layanan dimana seluruh LPSE diwajibkan memenuhi 17 Standar yang meliputi peningkatan kapasitas, layanan dan keamanan informasi sesuai amanat Peraturan Kepala LKPP Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Peningkatan Layanan Pengadaan Secara Elektronik.

Implementasi ini menegaskan bahwa penyelenggaraan LPSE yang merupakan bagian dari penyelenggaraan sistem dan transaksi elektronik, sehingga wajib memiliki tata kelola, prosedur kerja yang baik dan akuntabel serta menerapkan manajemen resiko dan melakukan pengamanan terhadap komponen sistem elektronik mengingat fungsi LPSE sangat strategis dalam mengawal proses pengadaan barang/jasa secara elektronik dalam memfasilitasi sistem elektronik dalam proses lelang.

Menyusul 6 LPSE kab/kota sebelumnya yang telah memenuhi 17 standar yakni LPSE Kota Padang Panjang, LPSE Kota Sawahlunto, LPSE Kabupaten Kepulauan Mentawai, LPSE Kota Solok, LPSE Kabupaten Tanah Datar dan LPSE Kota Padang, 4 LPSE lainnya yang telah dilakukan penilaian oleh Tim Asesor LPSE Provinsi, dilanjutkan Monitoring Faktual oleh LKPP.

 

Monitoring Faktual oleh LKPP yang dilakukan selama 2 hari dari tanggal 18 s.d 19 Oktober 2016 oleh Kasi Monev Direktorat PSPSE LKPP Donald Suatanto Panjaitan pada 4 LPSE kab/kota yaitu LPSE Kabupaten Padang Pariaman, LPSE Kota Bukittinggi, LPSE Kota Payakumbuh dan LPSE Kabupaten Lima Puluh Kota didampingi oleh Kepala UPTB. Balai LPSE Sumbar dan 2 orang Tim Asesor Standadisasi LPSE Provinsi Widya Prima Hatta dan Deny Lesmana Darusamin.

Donal menyatakan bahwa Standardisasi ini tidak hanya sekedar perolehan 17 Sertifikat saja tetapi lebih melihat bagaimana implementasi dan konsistensi dari implementasi standar yang telah dibuat dan dijalankan di dalam tugas dan operasional LPSE sebegai penyelenggara sistem elektronik.

Selaku pembina LPSE Kabupaten/Kota di Sumbar, Rina Bur sangat berharap ke empat LPSE kab/kota yang telah dilakukan Monev Faktual dapat memenuhi 17 Standar yang telah ditetapkan oleh LKPP dan LPSE Provinsi akan terus melakukan pembinaan dan penilaian sehingga seluruh LPSE kabupaten/kota di Sumbar dapat memenuhi 17 Standardisasi LPSE. @ Penulis Widya Prima Hatta, ST.MT, Editor Akky Perdana, ST