Forum Data Provinsi Sumatera Barat Triwulan III

Darmalis 2016-10-31 15:36:08 kegiatan 168

Pada Tanggal 20 Oktober 2016 Bappeda Provinsi Sumatera Barat melaksanakan Forum Data III yang bertempat di Ruang pertemuan Bappeda Provinsi Sumatera Barat Gedung utama Lantai 1 (satu), Rapat Forum Data dibuka oleh Plt. Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Barat Ibu DR.Ir. Reti Wafda,MTP yang didampingi oleh Kepala Bidang Statistik dan Pengendalian Pembangunan (SPP) Ibu Ir. Kuartini Deti Putri,M.Si, dalam kesempatan ini Bappeda juga menghadirkan Narasumber BPS Provinsi Sumatera Barat yaitu Ibu Hefinanur Kabid NERWILIS BPS Provinsi Sumatera Barat.

Dalam pembukaan tersebut Kepala Bappeda sangat menegaskan bahwa data itu sangat penting dan harus akurat dan dapat dipertanggungjawabkan sebagai dasar Proses perencanaan yang baik dan komprehensif merupakan titik penting untuk berhasilnya pembangunan. Untuk dapat menghasilkan perencanaan yang ideal tersebut maka setiap proses harus senantiasa dilakukan dengan basis data dan informasi yang valid dan terukur.

 

Salah satu penggunaan terpenting data dan informasi dalam proses perencanaan pembangunan adalah untuk mengindentifikasi kebutuhan pembangunan yang disajikan kedalam penetapan program, indikator, dan target pembangunan. Untuk mendapatkan data yang terukur dalam perencanaan pembangunan, perlu dilakukan forum komunikasi yang membahas berbagai data dan informasi pembangunan yang dilaksanakan secara triwulanan dan sekaligus media tukar menukar informasi dari berbagai pihak yang diharapkan dapat menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan data yang berkualitas yang akurat, tepat waktu dan dapat dipertanggung jawabkan, maka dibentuklah Forum Data.

 

Dalam sambutan Plt. Kepala Bappeda Provinsi  sangat berharap melalui kegiatan yang laksanakan hari ini dapat memberikan manfaat yang sangat besar dalam penyamaan persepsi dalam rangka meningkatkan komitmen bersama dalam pengelolaan data dan informasi pembangunan daerah dalam menyusun perencanaan pembangunan daerah ke depan.

 

Dalam kesempatan tersebut juga Kepala Bidang SPP juga menegaskan bahwa pentingnya data sebagai dasar perencanaan pembangunan yang berkualitas sehingga perlu komitmen bersama untuk ketersediaan data dan Informasi yang akurat sehingga perencanan pembangunan yang dilaksanakan dapat tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan daerah untuk kesejahteraan masyarakat yang madani, mandiri dan berdaya saing tinggi. Penulis @ Darmalis, Editor Akky Perdana, ST