SEMINAR REGIONAL JARINGAN PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN KABUPATEN/KOTA TAHUN 2016 DI SUMATERA BARAT

Darmalis 2016-09-19 08:54:41 kegiatan 180

Description: D:\\06-TAHUN 2016\\DOKUMENTASI\\ARD\\P_20160903_093026=.jpgSeminar hasil penelitian Jaringan Penelitian Bidang Pendidikan ditujukan untuk mengetahui sejauhmana perkembangan kegiatan penelitian bidang pendidikan yang dilaksanakan oleh delapan tim jaringan penelitian pendidikan yang memperoleh dana sharing penilitian dari  Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan (Puslitjakdikbud) Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang terdiri dari tim jarlit pendidikan Provinsi Sumatera Barat, jarlit pendidikan kabupaten Sijunjung, jarlit Pendidikan Kabupaten Pesisir Selatan, Jarlit Pendidikan Kabupaten Padang Pariaman, Jarlit Pendidikan Kota Payakumbuh, Jarlit Pendidikan Kota Bukittinggi,  dan Jarlit Pendidikan Kabupaten 50 Kota.

Pelaksanaan seminar dibuka oleh Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Provinsi Sumatera Barat Dra. Siti Latifah FRS, MSi, dimana dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan adanya sharing kegiatan penelitian jaringan pendidikan antara daerah dengan Kementerian Pendidikan RI melalui Puslitjakdikbud, diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di daerah serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan bidang pendidikan ke depan, disamping itu, Kabid Litabng juga mengharapkan dengan adanya kegiatan ini, daerah juga bisa memanfaatkan hasil-hasil penelitian yang telah di terbitkan oleh Puslitjakdikbud untuk pembangunan daerah khususnya bidang pendidikan di Sumatera Barat.

Pada kesempatan itu Kepala Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Bapak Ir.Hendarman, M.Sc. Ph.D. juga menyampaikan paparan terkait dengan kerja sama penelitian dalam perumusan kebijakan khusus bidang pendidikan.

Peserta pelaksanaan kegiatan seminar regional terdiri dari tim jarlit provinsi Sumatera Barat, Dinas Pendidikan dan Bappeda Kabupaten/Kota sebanyak delapan kabupaten/kota yang pada tahun 2016 memperoleh sharing dana dari Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, dimana pada masing-masing daerah penerima dana Puslitjakdikbud memaparkan draft hasil riset yang telah dilaksanakan pada 7 kabupaten/kota dan 1 provinsi.

Draf hasil riset kabupaten/kota dan provinsi ini selanjutnya diberikan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan olah Kepala Puslitjakdikbud Ir. Hendarman, MSc, Ph.D, dan DR. Yaya Zakaria dari Puslitjakdikbud sebelum seminar nasional yang direncanakan pada minggu terakhir September atau minggu pertama Oktober Tahun 2016. @Penulis: Hendra Zaimar, S.Sos