PENYUSUNAN AGENDA RISET DAERAH

Darmalis 2016-09-19 08:52:48 kegiatan 496

Dalam rangka meningkatkan peran dan fungsi Dewan Riset Daerah Provinsi Sumatera Barat, dilaksanakan diskusi terkait dengan penyusunan Agenda Dewan Riset Daerah Provinsi Sumatera Barat untuk mendukung Pemerintah Provinsi Sumatera Barat di dalam mewujudkan visi dan misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Sumatera Barat Tahun 2016-2021.

Rapat penyusunan Agenda Riset Daerah di pimpin langsung oleh Ketua Dewan Riset Daerah Provinsi Sumatera Barat Bapak Prof., Dr., Ir., H., Fachri Ahmad, MSc, yang dihadiri oleh anggota Dewan Riset Daerah, Kabid Litbang Bappeda, fungsional peneliti dan Kasubid beserta staf pada Bidang Litbang Bappeda Provinsi Sumatera Barat.

Dalam sambutannya ketua Dewan Riset Daerah menyampaikan agar kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh Dewan Riset Daerah periode sebelumnya dapat diteruskan agar lebih menyentuh kepada kepentingan masyarakat seperti kegiatan peningkatan implementasi sistem inovasi daerah melalui sosialisasi yang lebih intensif kepada kabupaten/kota. Untuk membantu kepala daerah dalam pengambilan kebijakan yang berorientasi riset, diharapkan kepada kabupaten/kota dapat menindaklanjuti dengan mendirikan Dewan Riset Daerah di kabupaten/ kota.

Beberapa masukan dari anggota Dewan Riset Daerah yang mewakili masing-masing komisi Dewan Riset Daerah antara lain Prof. Nurzaman Bachtiar untuk penentuan agenda pada riset ke depan, anggota Dewan Riset Daerah Provinsi Sumatera Barat harus paham dan tahu kondisi perkembangan dan tantangan Sumatera Barat maupun Nasional agar agenda yang dirumuskan tepat sasaran dalam menunjang pencapaian RPJMD Provinsi Sumatera Barat 2016-2021 dan juga kebijakan nasional untuk Sumatera Barat yang tertuang dalam RPJMN 2015-2019.

Masukan dari komisi Bidang Agama melalui Bapak Prof. Edi Syafri menyampaikan bahwa diharapkan melalui agenda Dewan Riset Daerah ini peran dari MUI kembali menguat di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat di Sumatera Barat, karena akhir-akhir ini perilaku masyarakat Sumatera Barat khususnya generasi muda tidak lagi mencerminkan perilaku yang berlandaskan Adat Basandi Syarak Syarak Basandi Kitabullah, serta meningkatkan pemahaman keagamaan masyarakat.

Dari komisi Bidang Pertanian menegaskan bahwa pola pembangunan bidang pertanian saat ini masih banyak ditemukan bahan makanan yang tercemar pestisida dan pemanfaatan sektor perikanan belum tergarap secara maksimal.

Rapat Dewan Riset Daerah ini pada dasarnya menghimpun pemikiran-pemikiran anggota Dewan Riset Daerah untuk kegiatan penyusunan Agenda Riset Daerah/Rencana Induk Kelitbangan 2016-2021 yang substansinya berpedoman pada visi, misi, sasaran dan program RPJMD yang perlu didukung dengan riset dan pengembangan.@ Penulis : Hendra Zaimar.S.Sos