DISEMINASI INOVASI TEKNOLOGI PENGERING HYBRID UNTUK PENGERING KAKAO DI NAGARI SONTANG CUBADAK

Darmalis 2016-09-30 09:59:49 kegiatan 268

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah melalui Bidang Penelitian dan Pengembangan melaksanakan kegiatan Diseminasi Hasil Inovasi berupa alat pengering hybrit untuk pengering kakao di Hulu Sontang Nagari Sontang Cubadak Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman Tanggal 22 September 2016. Daerah ini merupakan Nagari Model pengembangan kakao yang dibina oleh Dinas Perkebunan Kabupaten Pasaman. Alat pengering hybrid ini merupakan hasil inovasi dari Bapak Dr. M. Yahya pemenang peringkat II Lomba Kompetisi Karya Inovasi Teknologi Tahun 2016 yang digelar oleh Bidang Litbang Bappeda Provinsi Sumatera Barat.

Kegiatan diseminasi di laksanakan pada kelompok tani kakao di fasilitasi oleh Dinas Perkebunan Kabupaten Pasaman, sosialisasi di buka secara resmi oleh Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Pasaman Ir. Yusfi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa 70% pertanian Kabupaten Pasaman di sektor perkebunan dengan komoditi utama kakao, karet dan sawit. Dari ketiga komoditi tersebut, kakao dijadikan komoditas unggulan daerah Kabupaten Pasaman dengan luas tanam + 18.000 Ha, 2.000 Ha diantaranya merupakan nagari model binaan dari Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat.

Lebih lanjut Kepala Dinas Perkebunan menyampaikan bahwa nagari Sontang Cubadak merupakan nagari model kakao binaan Kabupaten Pasaman seluas + 4.000 Ha total produksi mencapai 2 Ton/Ha dengan pengolahan sudah memiliki SOP (Standar Operasional Pelayanan), akan tetapi permasalahan yang di hadapi oleh kelompok tani kakao Nagari Sontang Cubadak saat ini adalah proses pengeringan yang masih dilakukan secara manual/tradisional sehingga hasilnya belum memenuhi standar kualitas yang diharapkan sehingga nilai jualnya masih rendah, kedepan pengolahan perlu lebih ditingkatkan dengan adanya sentuhan teknologi pasca panen. Berkaitan dengan hal itu , Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Pasaman menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas dilaksanakannya kegiatan diseminasi inovasi teknologi terkait dengan alat pengering kakao ini.

Sementara itu arahan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Kasubid Penerapan Teknologi Bidang Penelitian dan Pengembangan Bapak Heri Hadi, SE, MM menyampaikan bahwa kegiatan diseminasi ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Kompetisi Karya Inovasi IPTEK yang dilaksanakan setiap tahun oleh Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Provinsi Sumatera Barat dan kaitannya dengan Sistem Inovasi Daerah (SIDa), dimana masing-masing pemenang akan difasilitasi untuk memperkenalkan hasil inovasinya kepada pengguna untuk dapat diterapkan oleh masyarakat.

Acara diseminasi ini dilaksanakan dengan demonstrasi alat pengering kakao oleh Dr. M. Yahya yang dihadiri oleh sebanyak 8 kelompok tani se Nagari Sontang Cubadak dengan perwakilan sebanyak 5 orang per kelompok tani serta Wali nagari Sontang Cubadak, perwakilan dari UPT-BP Tapus dan BP2KP Pasaman serta Camat Padang Gelugur.

Dengan adanya kegiatan diseminasi ini petani kakao Nagari Sontang Cubadak sangat antusias dan berharap Pemerintah Kabupaten Pasaman bersedia memfasilitasi masyarakat untuk pengadaan alat pengering ini untuk meningkatkan nilai jual produk kakao masyarakat. @Penulis : Hendra Zaimar,S.Sos, Editor : Akky Perdana, ST