Bimtek Peningkatan Kapasitas Admin LPSE se Sumatera Barat

Darmalis 2016-09-23 09:45:03 kegiatan 264

Padang – Bertempat di ruang Training LPSE Provinsi Sumatera Barat dilaksanakan Bimbingan Teknis Admin LPSE Kabupaten/Kota se Sumatera Barat. Penyelenggaraan Bimtek ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan FGD LPSE Provinsi Grup Keamanan Informasi yang digelar di Menado Provinsi Sulawesi Utara tanggal 23 – 26 Agustus 2016 yang lalu.

Melalui Bimtek ini diharapkan agar para Admin LPSE dari seluruh Kabupaten/Kota dapat meningkatkan kapasitas dan kemampuannya dalam mengelola LPSE dari sisi aspek Manajemen dan Teknis Keamanan Informasi sehingga dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada para pengguna LPSE.

Acara yang dilaksanakan selama tiga hari, dimulai Rabu,14 September hingga Jumat,16 September 2016 ini dibuka oleh Kepala UPTB. Balai LPSE Bappeda Provinsi Sumatera Barat Rina Bur. Dalam arahanya Rina Bur menyampaikan bahwa LPSE secara terus menerus harus lebih bersiap diri secara teknis dalam peningkatan Pengamanan Sistem serta Pengamanan Sistem Elektronik ini, juga menjadi aspek yang perlu mendapat perhatian dalam pengelolaan LPSE. Untuk itu kita perlu menyiapkan SDM yang handal dan mumpuni di bidang kesisteman, sehingga apapun kendala yang dihadapi dalam pengelolaan dapat diatasi dengan baik.

Lebih jauh Rina Bur mengingatkan bahwa dengan disahkannya Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Sistem Manajemen Pengamanan Informasi (SMPI) yang memberikan kewajiban kepada LPSE sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik untuk menerapkan SNI ISO/IEC 27001 paling lambat 2018, karena itu pemenuhan 17 Standardisasi LPSE yang diwajibkan oleh LKPP agar segera dipenuhi.

Narasumber yang dihadirkan pada kegiatan Bimtek ini adalah Teddy Yuliswar yang merupakan pakar Mikrotik dan telah bersertifikat Internasional. Dalam materi hari pertama dan kedua yang dipaparkannya terkait Pengelolaan Infrastruktur LPSE, Pengenalan Mikrotik dan Routerboard, Konfigurasi Dynamic Host Configuation Protocol serta Bridging, Routing dan Wireless. Pada hari ke tiga, paparan materi diisi oleh Harry Chan Putra EOS Telkom Sumbar terkait Firewall, QoS (QuALITY OF Service) Tunnels serta implementasi Hotspot. Bimtek diisi dengan diskusi dan praktek.

Kasi Pelayanan Teknis Widya Prima Hatta dalam sambutan penutupan kegiatan Bimtek,  berharap kepada peserta agar dapat membantu serta mengaplikasikan ilmunya di LPSE masing-masing serta menyampaikan ucapan terima kasih telah mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan antusias yang tinggi dan berpesan agar Admin tetap menjaga integritas dalam bekerja.@Widya.lpse.-@Editor Akky Perdana, ST