SOSIALISASI SISTEM DATABASE PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH (SDP2D)

Darmalis 2016-08-09 16:39:51 kegiatan 382

Sehubungan dengan pelaksanaan kegiatan koordinasi dan penyusunan data perencanaan pembangunan daerah sumatera barat tahun anggaran 2016. Bappeda Provinsi Sumatera Barat mengadakanSosialisasi dan Bimbingan Teknis Sistem Database Perencanaan Pembangunan Daerah (SDP2D)dengan 49 SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Provinsi Sumatera Barat pada hari Senin tanggal 1 Agustus 2016 dan 19 Kabupaten/Kota pada hari Selasa tanggal 2Agustus 2016 di ruang Rapat Lantai I Kantor Bappeda Provinsi Sumatera Barat, 42 SKPD Provinsi dan 16Kabupaten/Kota yang menghadiri rapat.

Bappeda Provinsi Sumatera Barat melalui Biadang Statistik Pengendalian Pembangunan, sedang membangun aplikasi Sistim Database Perencanaan Pembanguna Daerah (SDP2D). SDP2D merupakan sebuah komitmen bersama dari setiap elemen pemerintah di provinsi Sumatera Barat yang bertujuan untuk mewujudkan perencanaan pembangunan yang berkualitas dan pengendalian pembangunan yang efektif melalui suatu basis data yang berkualitas, tepat, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Aplikasi Sistim Database Perencanaan Pembangunan Daerah (SDP2D) dapat diakses melalui web sdp2d.sumbarprov.go.id, dalam aplikasi SDP2D stakeholders dapat mebaca pola trend elemen data dalam rentang waktu tertentu, fitur pencarian yang cepat dan akurat, fleksibel dan mandiri (elemen data dapat disesuaikan dengan kebutuhan, tidak menyebabkan ketergantungan pada programmer) serta terukur, dan setiap elemen data dapat di export tabel excel dan di print out.Bappeda dan SKPD juga dapat melakukan pemantauan atau monitoring  tingkat ketersediaan data.

Diharapkan dengan adanya aplikasi Sistim Database Perencanaan Pembangunan Daerah (SDP2D)meningkatkan kualitas perencanaan berdasarkan data yang mutakhir dan akurat dan menyediakan data secara tepat, cepat dan akurat serta infrastruktur bagi pengambil keputusan di tingkat Daerah.( Penulis : Tomi )