Menado Tuan Rumah Rakernas LPSE Grup Keamanan Informasi

Darmalis 2016-08-30 09:15:38 kegiatan 236

Menado – Penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional LPSE Provinsi Grup Keamanan Informasi digelar di Menado Provinsi Sulawesi Utara tanggal 23 – 26 Agustus 2016 dibuka oleh Steven Kandouw Wakil Gubernur Sulawesi Utara bertempat di Hotel Aryaduta dengan mengundang seluruh perwakilan LPSE Provinsi bertujuan merumuskan masa depan Keamanan Informasi LPSE yang lebih aman.

Acara ini dilaksanakan menindaklanjuti Piagam Khatulistiwa yang telah disepakati oleh seluruh LPSE Provinsi bersama dengan LKPP pada 1 Juni 2016 di Pontianak Kalimantan Barat untuk meningkatkan kapasitas pengelola LPSE terkait aspek Manajemen dan Teknis Keamanan Informasi serta meningkatkan kerjasama dari pihak terkait implementasi Keamanan Informasi.

LKPP terus mendetailkan perencanaan dan strategi peningkatan Keamanan Informasi LPSE. Beberapa issue penting yang dibahas dalam acara ini adalah Security Awareness Keamanan SPSE, Cloud LPSE, sistem Manajemen Keamanan Informasi dan Sharing Experience LPSE.

Disahkannya Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Sistem Manajemen Pengamanan Informasi (SMPI) yang memberikan kewajiban kepada LPSE sebagai Penyelenggara Sistem elektronik Tinggi untuk menerapkan SNI ISO/IEC 27001 paling lambat 2018 dengan sanksi pemberhentian sementara domain Indonesia. LKPP menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama praktisi ISO 27001 untuk bersama membahas strategi implementasinya pada LPSE.

Dalam sambutannya Deputi bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah LKPP, Ikak Gayuh Patriastomo mengatakan “Keamanan Informasi ini penting, untuk meningkatkan Kredibilitas LPSE”. Terkait kewajiban penerapan SNI ISO/IEC 27001 pada LPSE Ikak menambahkan bahwa sharing knowladge dengan LPSE yang telah menerapkan SMPI dapat menjadi kunci kesuksesan LPSE, sama halnya dengan implementasi e-Procurement beberapa tahun lalu.

Terlepas dari sistem Manajemennya, aspek teknis pengamanan Sistem Elektronik juga menjadi aspek yang perlu mendapat perhatian dalam pengelolaan LPSE. Ikut serta dari LPSE Provinsi Sumatera Barat pada Raker Group tersebut adalah Teddi Rafdianto, S.Kom Admin  LPSE Provinsi Sumbar. @Widyalpsesumbarprov2016.