Penilaian Pangripta Nusantara Tahun 2014

Administrator 2015-05-13 15:48:15 kegiatan 512

Pada Tahun 2014 ini, Bappenas kembali melakukan penilaian Anugerah Pangripta Nusantara terhadap Dokumen perencanaan pemerintah daerah Provinsi dan Kabupaten Kota. Untuk penilaian dokumen perancanaan Kabupaten/Kota akan di nilai oleh tim Teknis dan Independen dari provinsi, sementara itu Dokumen perencanaan provinsi dinilai oleh tim penilai independen pusat.

Pada awal bulan maret telah dilaksanakan penilaian tahap I (Bobot 30 %) terhadap dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2014 Kabupaten/Kota untuk Anugrah Pangripta Nusantara. Kriteria Penilaian Tahap I adalah Keterkaitan dokumen perencanaan (10%), Konsistensi (30%), Kelengkapan dan kedalaman (40%) dan Keterukuran (20%). Penilaian Tahap I ini akan menghasilkan 6 (enam) Kabupaten/Kota  terbaik provinsi yaitu Kota Solok, Kota padang Panjang, Kota Bukittingi, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Agam.

Pertengahan bulan Maret dilakukan penilaiah tahap II (Bobot 40%). Kriteria penilaian tahap II ini adalah proses perencanaan dari bawah (bottom-up) (bobot 25%); proses perencanaan dari atas (top-down) (bobot 20%); proses perencanaan Teknoratik (bobot 20 %),  proses perencanaan Politik (bobot 20 %) dan Inovasi (bobot 15 %). Dalam penilaian tahap II ini, Tim Penilai provinsi melakukan verifikasi lapangan/Focus Group Discussion (FGD) dengan menghadirkan kepala SKPD, Perguruan Tinggi, Camat, Walinagari dan Organisasi Masyarakat. Hasil penilaian verifikasi lapangan akan menghasilkan 1 (satu) Kabupaten/Kota terbaik Provinsi yang  akan disampaikan kepada tim Penilai Pusat.

Penilaian Tahap III akan dilakukan oleh tim penilai pusat. Hasil dari penilaian verifikasi lapangan/FGD yang telah dilakukan oleh tim penilai provinsi. Pada tahap ini dilakukan proses wawancara dan presentasi tentang dokumen perencanaan pemerintah daerah. Hasil dari penilaian tahap III ini akan di umumkan pada saat Penutupan Pramusrenbangnas yang akan dilaksanakan pada akhir  bulan April 2014 di Jakarta.