Rapat Pengendalian dan Evaluasi Kegiatan Bappeda

375 kali dilihat
Post Title

Padang, 1 Desember 2020. Menjelang pelaksanaan tutup buku akhir Tahun Anggaran 2020, Bappeda Provinsi Sumatera Barat mengadakan Rapat Pengendalian dan Evalusi kegiatan Bappeda Tahun 2020 yang dipimpin oleh Sekretaris Bappeda bertempat di Ruang Sidang Lantai I. Rapat yang dihadiri oleh Kepala Bidang, Kasubbid/Kasubbag dan staf terkait ini bertujuan untuk mengevaluasi realisasi pelaksanaan kegiatan sampai kondisi 30 November 2020 dan proyeksi realisasi pelaksanaan kegiatan sampai akhir tahun. 

Berdasarkan data dari Kasubag Keuangan, realisasi keuangan Bappeda s/d 30 November 2020 dibandingkan dengan total anggaran adalah sebesar 76,87%. Ada deviasi sebesar 6,51% dari target bulan November sebesar 83,38%. Berdasarkan informasi dari masing-masing pelaksanaan kegiatan didapat estimasi realisasi keuangan Bappeda di akhir tahun 2020 pada kisaran 97%.

Menyikapi hal diatas, pimpinan rapat memberikan arahan dalam mempercepat proses realiasasi, dengan menyegerakan penyampaian SPJ ke subbagian keuangan paling lambat tanggal 10 Desember 2020. Mempersiapkan seluruh administrasi pelaksanaan kegiatan dan tidak menunda-nunda pelaksanaan kegiatan yang telah direncanakan. Untuk belanja yang dikenakan pajak, agar dapat disegerakan guna menghindari kemungkinan terjadinya masalah teknis dalam pembayaran pajak yang sering terjadi pada akhir tahun anggaran.

Pelaksana kegiatan diharapkan lebih proaktif dalam mengkomunikasikan kegiatan-kegiatan yang mengharuskan persetujuan, keterlibatan dan kehadiran Kepala Bappeda, mengingat kesibukan pimpinan yang juga selaku Pj. Bupati Pasaman Barat. Menindaklanjuti Naskah Hasil Pemeriksaan (NHP) Inspektorat, diminta kepada seluruh bidang untuk dapat menyampaikan Laporan Persediaan pada akhir tahun anggaran untuk digunakan dalam penyusunan Laporan Persediaan Aset dan ATK SKPD. Masing-masing bidang yang melakukan belanja modal untuk mengkomunikasikan dan melaporkan kepada Pengurus Barang terkait daftar pengadaan dan penanggung jawab pemanfaatan barang /aset tersebut. Terakhir pimpinan rapat mengingatkan untuk menyelesaikan pelaksanaan kegiatan sesuai target yang telah ditetapkan, dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan. Penulis: Nurhayati, SH. Editor: Hamdi Irza, ST, MT