Sekilas Info

Juni 2015, Pemerintah Kabupaten Sijunjung bersama LPSE Provinsi Sumatera Barat dan PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk serta Bank BNI, mengadakan Sosialisasi Katalog Elektronik Jasa Penerbangan untuk Perjalanan Dinas Instansi Pemerintah, bertempat di Gedung Operation Room Kantor Bupati Sijunjung pada hari Senin tanggal 16 Juni 2015.
Kegiatan ini merupakan tindak lanjut Kontrak Payung Jasa Penerbangan untuk Perjalanan Dinas Instansi Pemerintah, antara Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dengan Direktur Komersial PT. Garuda Indonesia(Persero) Tbk yang ditandatangani pada tanggal 15 Januari 2015.  Sosialisasi ini di buka oleh Asisten II Kabupaten Sijunjung Bapak Yusrizal, SE dan dihadiri 35 SKPD dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung, termasuk 8 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sijunjung.
Dalam paparannya Rika Amir, SE, MM dari LPSE Provinsi Sumatera Barat menyampaikan bahwa Pembelian Tiket Pesawat Garuda Indonesia untuk Perjalanan Dinas Instansi Pemerintah sudah dapat dilakukan melalui Katalog elektronik (e-Catalogue) menggunakan sistem Goverment Online System (GovOS). Hal ini mendukung kebijakan pemerintah tentang e-Purchasing/e-Catalogue, Sesuai dengan Peraturan Presiden No. 4 Tahun 2015, Pasal 110
Pihak Garuda Indonesi malalui Ayu Enike memaparkan beberapa kelebihan menggunakan sistem ini, sebagai berikut :
Efisiensi, Pembelian tiket garuda merupakan harga korporat dengan diskon terbesar. Dimana untuk penerbangan domestik pihak garuda memberikan diskon sampai dengan 11%, sementara untuk penerbangan internasional garuda memberikan diskon sampai 20%
Transparansi, Penyediaan database tiket perjalanan untuk kepentingan pengelolaan dan akuntabilitas perjalanan dinas institusi
Ekstra benefit khusus yang diberikan untuk K/L/D/I terutama untuk Pejabat Pemerintah serta Pejabat Eselon I dan II
Sistem ini juga dapat digunakan untuk pemesan tiket pribadi, keperluan perjalanan keluarga pegawai pemerintah dan mendapatkan fasilitas yang sama seperti perjalanan dinas, dengan cara  membuat booker khusus keluarga (Family booker) dan anggota keluarga yang akan dipesankan tiket harus didaftarkan (maksimal 5 orang), tentunya dengan biaya pribadi.
Pihak Garuda juga menggandeng Bank BNI untuk menjadi Bank Penjamin yang akan menalangi sementara pembiayaan pembelian tiket yang dilakukan oleh SKPD terkait. Bank BNI memberikan fasilitas berupa Traveler Card yang dapat digunakan untuk pembiayaan pembelian tiket corporat melalui sistem GovOS, dimana BNI memberikan tenggang waktu pembayaran kepada pemerintah sampai dengan 55 hari semenjak tiket di issued tanpa bunga.
Dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten Sijunjung akan menyusun Peraturan Bupati mengenai pelaksanaan e-katalog jasa penerbanagan dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Sijunjung. Pemerintah Kabupaten Sijunjung melalui Asisten II berharap agar dalam waktu dekat ini dilakukan MUO dengan Garuda Indonesia agar dapat segera menerapkan sistem GovOS.

.