Sekilas Info

Kategori : Aplikasi

19-Jun-2015

 

Jakarta – Direktorat Pengembangan Sistem Pengadaan Secara Elektronik LKPP dalam hal ini divisi IT development mengadakan transfer knowledge mengenai penggunaan aplikasi SOLR untuk aplikasi E-katalog, pada Kamis (18/06) di gedung LKPP lantai 17, Sme Tower, Jakarta. Hal ini dilakukan guna optimasi kemampuan dari aplikasi e-katalog yang di kembangkan LKPP.

Melihat jumlah produk dan akses terhadap aplikasi e-katalog yang semakin banyak , penggunaan aplikasi SOLR sangatlah berpengaruh terhadap performa aplikasi e-katalog. Penggunaan SOLR membuat akses ke halaman e-katalog lebih cepat dari sebelumnya, karena aplikasi e-katalog tidak memerlukan koneksi langsung ke database lagi sehingga efeknya adalah lebih cepat dan waktu akses lebih efisisen.

SOLR sendiri adalah salah satu enterprise search platform yang besifat open source dari Apache. Fitur utamanya adalah pencarian berbasis text, hit highlight, faceted search, dynamic clustering, database integration dan penanganan terhadap rich document (word, pdf dsb).

Beberapa kelebihan dari aplikasi SOLR ini adalah fitur full-import dan delta-importFull-import adalah SOLR melakukan Koneksi ke database dan mengambil semua data berdasarkan query yang sudah set up di configurasi SOLR, sedangkan delta-import adalah menarik sebagian data yang paling Update berdasarkan waktu terakhir import data. 

                                                                                                     Dikutip dari http://eproc.lkpp.go.id/

.