Sekilas Info

Puji syukur kita panjatkan ke Hadirat Allah SWT, karena pada tanggal 1 Juni 2015 telah di launching Website: bappeda.sumbarprov.go.id di kantor Bappeda Provinsi Sumatera Barat oleh Bapak kepala Bappeda Provinsi Sumatera Barat Ir. Afriadi Laudin, M.Si, serta pengukuhan Tim pengelola website yang terdiri dari perwakilan masing-masing bidang di lingkup Bappeda Provinsi Sumatera Barat.

Sesuai dengan Undang-Undang  Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik maka Bappeda menjawabnya dengan portal bappeda.sumbarprov.go.id ini sebagai gerbang untuk mendapat data dan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat, seperti yang dikatakan oleh Bapak kepala Bappeda bahwa portal ini wajib ada di bappeda sebagai perpanjangan tangan untuk menyampaikan informasi-informasi pembangunan Sumatera Barat kepada masyarakat, mulai dari para pemangku kepentingan, akademisi, pratisi dan masyarakat umum yang membutuhkan informasi-informasi tentang pembangunan Pemerintahan Daerah.

             Pembuatan informasi perencanaan pembangunan daerah berbasis teknologi informasi, tidak lepas dari amanat UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional yang bertujuan untuk mengoptimalkan perencanaan pembangunan daerah dengan melibatkan seluruh stakeholder dalam pembangunan. Selain itu, dinyatakan pula dalam Inpres Nomor 3 Tahun 2003 yaitu "Pengembangan e-Goverment merupakan upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis (menggunakan) elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien, melalui pengembangan e-Goverment dilakukan penataan sistem manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah dengan mengoptimalkan pemamfaatan teknologi informasi". Pemanfaatan teknologi informasi tersebut mencakup 2 (dua) hal sebagai berikut :

  1. Pengelolaan data, penyampaian informasi dan proses kerja secara elektronis.

Pemamfaatan kemajuan teknologi informasi agar pelayanan publik dapat diakses secara mudah dan murah oleh masyarakat.

.