Sekilas Info

Dalam rangka terselenggaranya perencanaan pembangunan ekonomi dan pengembangan wilayah yang terpadu dan untuk mendukung pencapaian target nasional tahun 2021, Bappeda Provinsi Sumatera Barat melaksanakan Rapat Koordinasi Terpadu antara OPD Provinsi Lingkup Sumber Daya Alam, Tata Ruang dan Lingkungan Hidup bersama Instansi Vertikal dan Bappeda Kabupaten/Kota se Sumatera Barat Pada hari Senin, 3 Februari 2020 bertempat di ruang rapat lantai 1 Bappeda Provinsi Sumatera Barat. Peserta OPD Provinsi yaitu : Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Kehutanan, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, BPBD. Instansi Vertikal yaitu : Kanwil Agrariadan Tata Ruang/BPN, BPDAS Agam Kuantan, Taman Nasional Kerinci Seblat, Taman Nasional Siberut, Balai KSDA, Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus, BPSPL Padangdan UPT BNPB Regional Sumatera serta Bappeda kabupaten/Kota se Sumatera Barat

          Pada Rakor terpadu tersebut, masing-masing Kepala OPD memaparkan materi tentang Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan APBD/APBN Tahun 2019, Data Series Tahun 2016-2019, Isu Strategis dan Permasalahan Pencapaian Target RPJMD Tahun 2019, Pelaksanaan Kegiatan  APBD dan APBN Tahun 2020 yang sudah terpilah Lokasi per Kab/Kota di Sumatera Barat serta rancangan Renja Tahun 2021. Untuk Kepala Instasi Vertikal memaparkan materi terkait dengan Perencanaan Pembangunan Sumber Daya Alam, Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat pelaksanaan tahun 2019 dan rencana tahun 2021.

          Pada Rakor terpadu tersebut Kepala Dinas Kelautandan Perikanan memberikan paparandengan judul Pembangunan Kelautandan Perikanan di Provinsi Sumatera Barat. Kepala Dinas ESDM memberikan paparan mengenai pelaksanaan kegiatan tahun 2019, 2020 dan Renja tahun 2021. Kepala Dinas Kehutanan menyampaikan paparan Evaluasi pembangunan kehutanan tahun 2019 dan rencana pelaksanaan tahun 2020. Kepala Dinas Lingkungan Hidup meyampaikan evaluasi pelaksanaan tahun 2019 anggaran dan rencana Tahun Anggaran 2021. Kepala BKSDA menyampaikan program kerja Balai KSDA tahun 2021.Kepala BPDAS Agam Kuantan menyampaikan paparan terkait dengan Rencana Kerja BPDAS Agam Kuyantan tahun 2020.Kepala Kanwil Agraria Tata Ruang/BPN menyampaikan tentang program strategis nasional Kementerian Agraria tahun 2021 di Sumatera Barat.

 

Kepala BPSPL Padang menyampaikan program kelautan dan perikanan tahun 2020. Kepala Pelabuhan Bungus menyampaikan rencana peningkatan ekonomi dan sumber daya kelautan dan perikanan bagi nelayan di Sumatera Barat. Kepala TNKS menyampaikan Rencana Pembangunan Sumber Daya Alam Pada Balai Taman Nasional Siberut Tahun 2020. Kepala Taman Nasional Siberut menyampaikan Rencana Pembangunan Sumber Daya Alam Pada Balai Taman Nasional Siberut Tahun 2020.

          Tujuan dari pelaksanaan Rakor ini adalah untuk mengetahui permasalahan dalam pelaksanaan program kegiatan tahun 2019, persiapan pelaksanan tahun 2020 dan rencana program kegiatan tahun 2021 masing-masing OPD dan instansi Vertikal serta mengkoordinasikan dengan kabupaten/kota, melalui Bappeda kabupaten/kota sehingga program dan kegiatan tersebut dapat berjalan sesuai dengan baik, serta mencarikan solusi terhadap permasalahan-permasahan yang muncul, @ Penulis Nizamul Bastian, SH

.