Sekilas Info

Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) adalah penghargaan yang diberikan secara rutin  oleh kementerian PPN/Bappenas kepada Pemerintah Daerah yang telah melakukan pembangunan terbaik. Penghargaan ini lebih komprehensif dengan mempertimbangkan mulai dari perencanaan sampai pencapaian target-target pembangunan daerah.

Penilaian PPD Tahun 2020 Tingkat Provinsi Sumatera Barat telah diselenggarakan oleh Bappeda Provinsi Sumatera Barat dimulai tanggal 28 Januari s/d 13 Februari 2020 untuk Kabupaten dan Kota se-Sumatera Barat. Penilaian Tahap I sudah berlangsung terhadap dokumen RKPD dan usulan inovasi 19 Kabupaten Kota se-Sumatera Barat, sudah menghasilkan 9 (sembilan) daerah nominasi yang terdiri dari 6 (enam) Kabupaten dan 3 (tiga) Kota untuk menjadi daerah yang dinilai pada Tahap II.

Hasil Penilaian Tahap I ditetapkan Kabupaten dan Kota yang lolos ke Tahap II yaitu untuk Kabupaten : Kabupaten Tanah Datar, Agam, Pasaman, Kepulauan Mentawai, Pasaman dan Lima Puluh Kota. Untuk kota yang berhasil lolos ke Tahap II adalah Kota Padang, Padang Panjang dan Payakumbuh.

Penilaian mencakup penilaian atas dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), proses penyusunan RKPD, pencapaian pelaksanaan dokumen RKPD dan inovasi yang dikembangkan serta penilaian khusus terkait pelaksanaan pembangunan di daerah. Aspek kualitas dokumen RKPD ini juga dinilai keterkaitan antara dokumen perencanaan lain seperti RKP Nasional dan RPJMD Kabupaten dan Kota yang sudah ditetapkan serta dokumen lain yang relevan.

Hasil Penilaian Tahap II akan menentukan Kabupaten dan Kota yang terbaik di tingkat Sumatera Barat dan menjadi utusan Sumatera Barat untuk penilaian tahap selanjutnya di tingkat Nasional. Penilaian Tahap II dilakukan Tim Penilai Utama yang dipimpin oleh Kepala Bappeda dengan beranggotakan Sekretaris Bappeda Ir. Kuartini Deti Putri, M.Si dan Fungsional Perencana Madya Bappeda Provinsi Dra. Siti Latifah, M.Si dan Tim Penilai Independen yang terdiri dari akademisi dipimpin oleh Prof.Melinda Noer, Prof. Ansofino dan DR. Asrinaldi. Penilaian melalui Presentasi dan Wawancara terhadap daerah nominasi.@ Penulis Nurhayati, SH

.