Sekilas Info

Padang – Bertempat di Kantor Bappeda Provinsi Sumatera Barat pada hari Jumat tanggal 22 November 2019, berlangsung Kegiatan Pelatihan Penulisan dan Metode Ilmiah untuk Analisa dan Perumusan Kebijakan Pembangunan Daerah. Sebagai narasumber pelatihan ini adalah Bapak Prof. Ir. Rudi Febriamansyah, PhD (Direktur Pasca Sarjana Universitas Andalas) dan peserta adalah para Pejabat Fungsional Perencana di Lingkup Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten Kota Se Sumatera Barat.

Pada pelatihan ini, narasumber Prof Rudi Febriamansyah, PhD memantik semangat dan diskusi peserta untuk membiasakan menulis analisis dan rekomendasi kebijakan secara ilmiah, apalagi perencana di daerah sangat penting perannya dalam memberikan masukan bagi pemangku kebijakan. “Pembuat kebijakan, membutuhkan informasi berkualitas sebagai dasar dan argumen untuk kebijakan yang dikeluarkannya , dimana mereka membutuhkan informasi yang mudah dipahami, singkat, tidak terlalu teknis sehingga dapat fokus kepada implikasi terhadap kebijakan yang sedang dipertimbangkannya” ungkap Prof Rudi.

Jabatan Fungsional Perencana di Sumatera Barat, memerlukan kesamaan pemahaman dan pengetahuan terkait penulisan ilmiah yang aplikatif dalam memberikan masukan bagi kebijakan dan perencanana pembangunan. Pelaksanaan kinerja Jabatan Fungsional Perencana (JFP) pada Organisasi Perangkat Daerah ditentukan oleh penugasan yang diberikan oleh pimpinan yang telah diterjemahkan ke dalam Angka Kredit (AK), sesuai aturan perundangan yang berlaku. Dalam perkembangannya, Pejabat Fungsional Perencana mempunyai peran sebagai government planner dan development think thank, yang diharapkan dapat melakukan pengkajian dan perumusan kebijakan di bidang perencanaan pembangunan yang disusun berdasarkan penelitian (research based policy), atau dalam bentuk seperti Rekomendasi Kebijakan Singkat (Policy Brief), Catatan Kebijakan (Policy Notes), Studi Kebijakan (Background Study), Naskah Akademik (Academic Papers), Analisis Respon Cepat (Quick Respond Analysys) dan laporan evaluasi atau laporan hasil kajian lebih jauh/dalam terhadap isu-isu kebijakan tertentu.

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para pejabat fungsional perencana di Sumatera Barat, untuk belajar konsep dasar berpikir dan struktur penulisan rekomendasi kebijakan yang diharapkan dalam diimplementasikan di organisasi masing-masing, dan disampaikan kepada para pengambil kebijakan di daerah.

.