Sekilas Info

Padang – Bertempat di Auditorium Gubernuran Provinsi Sumatera Barat pada Hari Senin 16 September 2019, berlangsung Pengukuhan Kepengurusan Asosiasi Perencana Pemerintah Indonesia (AP2I) Komisariat Provinsi Sumatera Barat. Pengukuhan dilakukan oleh Ketua Umum Pengurus Nasional AP2I, Bapak Dr. Ir. Suprayoga Hadi, MSP, yang juga Perencana Utama Kementerian PPN/Bappenas. Pelaksanaan pengukuhan ini disaksikan oleh Gubernur Sumatera Barat Bapak Prof. Irwan Prayitno, Psi, MSc yang sekaligus Penasehat  AP2I Komisariat Provinsi Sumatera Barat, serta Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Barat, Bapak Hansastri, SE, Ak, MM, CFrA  sebagai Pembina bagi Pengurus yang dikukuhkan.

         Pengurus AP2I Komisariat Provinsi Sumatera Barat ini dipimpin oleh Dra Siti Latifah FRS, MSI (Perencana Madya Bappeda Provinsi Sumatera Barat) sebagai Ketua Pelaksana Harian, dengan kepengurusan berjumlah 24 orang yang terdiri para pejabat perencana yang berasal dari Pemerintah Daerah di Sumatera Barat baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota, serta perwakilan dari instansi vertikal yaitu Lingkup Kementerian Agama di Provinsi Sumatera Barat.

         Rangkaian kegiatan ini dilanjutkan dengan Seminar Pembangunan Daerah Dengan Tema “Pentingnya Peningkatan Kualitas SDM ASN Perencana Dalam Rangka Menyongsong Revolusi Industri 4.0”, dan yang bertindak sebagai Keynote Speaker adalah Bapak Gubernur Sumatera Barat. Gubernur menyampaikan pesan tentang pentingnya seorang perencana memiliki kompetensi dalam hal pemahaman dan kemampuan analitis komprehensif tentang isu dan permasalahan wilayah, potensi dan kondisi wilayah serta melakukan skenario masa depan wilayahnya.

         “Pemahaman dan kemampuan menerjemahkan dan menjabarkan visi, misi, strategi, arah kebijakan serta program-program daerah yang holistik, integratif, terukur dan berbasis spasial. Selanjutnya harus memiliki pemahaman dan kemampuan menyinergikan isu-isu, kondisi, serta dinamika nasional dan global dengan arah kebijakan pembangunan daerah” ungkap Gubernur.

Pada kesempatan ini, Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Barat, Hansastri,  menyampaikan bahwa  keberadaan jabatan fungsional sebagai jabatan profesi merupakan amanat dari regulasi yang ada terkait Aparatur Sipil Negara (ASN). Jabatan Fungsional Perencana merupakan jabatan dengan keahlian yang mempunyai tugas pokok menyiapkan, mengkaji, merumuskan kebijakan dan menyusun rencana pembangunan pada instansi pemerintah secara teratur dan sistematis termasuk memantau dan mengevaluasi pelaksanaan rencana pembangunan.

“Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS bahwa setiap Jabatan Fungsional yang telah ditetapkan wajib memiliki 1 (satu) organisasi profesi jabatan fungsional yang pembentukannya difasilitasi oleh instansi pembina. Untuk itulah dengan semakin berkembangnya JFP di Provinsi Sumatera Barat, maka Bappeda Provinsi Sumatera Barat menjalankan perannya dengan menfasilitasi pembentukan Asosiasi Perencana Pemerintah Indonesia (AP2I) di Sumatera Barat”  kata Kepala Bappeda.

Untuk kegiatan rangkaian seminar, yang menjadi Narasumber Seminar adalah Bapak DR. Guspika, MBA (Kepala Pusbindiklatren Bappenas) yang membawakan materi berjudul  “Peningkatan Kualitas dan Peran SDM ASN Perencana dalam Rangka Optimalisasi Kinerja Pembangunan Pusat Dan Daerah”, dan Bapak DR. Suprayoga Hadi, MSP (Ketum PN AP2I) dengan Materi tentang “Peran AP2I Dalam Mendukung Pencapaian Kinerja Pembangunan Pusat Dan Daerah”.

Kegiatan ini merupakan babak baru bagi para pejabat fungsional perencana di Sumatera Bara agar menjadi momentum untuk konsisten berperan dalam mendukung pembangunan daerah, sekaligus dapat terus meningkatkan kompetensi dan kapasitas sebagai ASN Perencana dalam menghadapi perubahan tantangan pembangunan termasuk era digital di Revolusi Industri 4.0

.