Sekilas Info

Padang, 18 Agustus 2019, Dalam rangka Memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-74 di Sumatera Barat, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menggelar Pawai Alegoris, yang merupakan agenda tahunan. Untuk tahun ini mengusung tema “ Pembangunan dan Kebudayaan”, dengan melibatkan 105 instansi yang ada di Kota Padang. Bappeda Provinsi Sumatera Barat ikut berpartisipasi dalam  pelaksanaan Pawai Pembangunan/ Pawai Alegoris ini. Bertindak sebagai panitia pelaksana adalah Dinas Kebudayaan Sumatera Barat.  

Deskripsi Parade yang diangkat oleh Bappeda Provinsi Sumbar menggambarkan  Visi dan Misi Bappeda sebagai perangkat daerah yang membantu Kepala Daerah dalam menyelenggarakan dan bertanggung jawab atas Perencanaan Pembangunan Daerah, dengan VIsi “Terwujudnya Perencanaan Pembangunan Daerah yang Partisipatif, Efektif dan Akuntabel dalam Kerangka Reformasi Birokrasi”.

Pawai Alegoris dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok non kendaraan dan kelompok kendaraan. Kelompok non kendaraan terdiri dari para pelajar SD hingga SMA, komunitas, Polisi cilik dan Marching Band. Kelompok ini memakai pakaian Tradisional Nusantara, Pakaian Tokoh Pahlawan. Dan Kelompok kendaraan terdiri dari instansi, BUMD, BUMN, Perbankan dan sebagainya.

Rute Non Kendaraan dimulai dari Jalan Mangunsarkoro, Panggung Kehormatan Kantor Gubernur, Jalan A.Yani dan berakhir di Jalan Kartini. Sedangkan rute pawai kendaraan star dari GOR Agus Salim, Rasuna Said, Sudirman, Bagindo Azis Chan, M. Thamrin, Kali Kecil, Hos Cokroaminoto dan bubar di Pantai Padang. Rute Pawai Alegoris tahun ini lebih panjang dari tahun sebelumnya bertujuan memberikan kesempatan bagi masyarakat yang berada di arah selatan untuk dapat menikmati dan menyaksikan Pawai Alegoris ini.

.