Sekilas Info

Palembang, Rabu 3 Juli 2109 - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Melaksanakan Pertemuan 10 Provinsi yang ada di Sumatera dalam rangka pelaksanaan Rapat Konsultasi Konreg PDRB-ISE dengan tema Optimalisasi Sumber-sumber Pertumbuhan Baru Sebagai Subtitusi Penurunanan Sumber Daya Alam.

Provinsi Sumbar menjadikan Pariwisata sebagai Pertumbuhan Baru Ekonomi dengan mengoptimalkan pengelolaan kawasan wisata yang ada di Sumbar salah satunya adalah Wisata Kepulauan Mandeh, Kab. Pesisir Selatan sebagai sumber baru pertumbuhan ekonomi. Yang disampaikan oleh Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Barat, Bapak Hansasri, SE. Ak.MM,CfrA di High Level Meeting Konreg PDRB Indikator Sosial Ekonomi se-Sumatera.

Dalam paparan singkatnya, Hansasri mengutarakan bahwa andil sektor pertanian dan perkebunan dalam perekonomian Sumbar trendnya cenderung menurun dari tahun ke tahun, sehingga tidak bisa menjadi andalan lagi. Itulah alasan Sumbar menjadikan sektor pariwisata sebagai sumber baru pertumbuhan ekonomi. Kondisi tersebut didukung oleh potensi keindahan dan keunikan yang dimiliki oleh kawasan wisata kepulauan tersebut.

Kepulauan Mandeh yang berjarak sekitar ± 56 Km dari Kota Padang yang sudah dikenal pada tingkat nasional maupun internasional. Beberapa pulau kecil yang ada disana diantaranya pulau Cubadak, pulau Setan, pulau Sirojong dan lainnya. Kumpulan pulau di teluk Tarusan ini membentuk formasi yang menawan, dengan keindahan dasar lautnya.

Beberapa Provinsi lain juga menjadikan sektor pariwisata sebagai sumber baru pertumbuhan ekonomi, seperti Bangka Belitung, Bengkulu dan tuan rumah Sumsel. Posisi provinsi-provinsi tersebut yang diapit oleh lautan menyebabkan pariwisata laut/pantai sebagai potensi andalan.

Pertemuan Konreg PDRB-ISE  yang diikuti oleh jajaran BI, BPS, Bappeda dan Dinas Kominfo Provinsi se-Sumatera itu digelar di Palembang akan berlangsung selama 3 hari dan akan dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru. Penulis @Darmalis

.