KAJIAN ARAH KEBIJAKAN TRANSPORTASI DI SUMATERA BARAT
04 Juli 2018 10:32:06 WIB 39 Penelitian dan pengembangan Admin

Transportasi merupakan urat nadi kehidupan berbangsa dan bernegara yang mempunyai fungsi sebagai penggerak, pendorong dan penunjang pembangunan. Transportasi merupakan suatu sistem yang terdiri dari sarana dan prasarana yang didukung oleh tata laksana dan sumber daya manusia membentuk jaringan prasarana dan jaringan pelayanan. Banyak elemen yang terkait dalam sistem transportasi, baik sarana, prasarana maupun pergerakan, antara lain: kelayakan, sertifikasi, perambuan, kenavigasian, sumber daya manusia, geografi, demografi dan lain lainnya.

 Peran sektor transportasi juga sangat menentukan keberhasilan pembangunan yang akan dihasilkan. Oleh karena itu, sistem transportasi harus dibina agar mampu menghasilkan jasa transportasi yang handal, berkemampuan tinggi dan diselenggarakan secara terpadu, tertib, lancar, aman, nyaman dan efesien dalam menunjang dan menggerakan dinamika pembangunan; mendukung mobilitas manusia, barang serta jasa; mendukung pola distribusi serta mendukung pengembangan dan peningkatan hubungan antar wilayah.

 Dalam rangka mewujudkan Sumatera Barat yang maju dan sejahtera melalui peningkatan pertumbuhan ekonomi tidak terlepas dari ketersediaan jaringan dan sistem infrastruktur transportasi yang sanggup mendukungnya. Oleh karena itu, Bidang Litbang Bappeda Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2014 melakukan kajian terkait dengan Arah Kebijakan Transportasi di Sumatera Barat yang dilakukan oleh Fungsional Peneliti Bappeda yakni Momon, S.SiT, MSc. Kajian ini bertujuan untuk memberikan masukan didalam pengambilan kebijakan pembangunan infrastruktur transportasi yang menjadi salah satu bagian terpenting dalam pembangunan daerah yang mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan produktivitas, meningkatkan daya saing global, menyerap tenaga kerja, membangkitkan sektor riil, serta membantu mengurangi angka kemiskinan.

Untuk mengetahui hasil kajian yang telah dirumuskan kedalam bentuk tabel isu strategis, tujuan, sasaran, kebijakan, strategi, program dan indikator program transportasi, dapat di download pada lampiran berikut.